Mohon tunggu...
Muhammad Wildhan Pamungkas
Muhammad Wildhan Pamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis di masa depan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Semester 6

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Netflix Serial : Burn The House Down (2023)

22 Juli 2023   14:00 Diperbarui: 22 Juli 2023   14:01 589
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kBurn The House Down. Sumber : mydramalist.com

Pada 13 Juli lalu, Netflix mengeluarkan serial barunya yaitu serial drama jepang yang diadaptasi dari manga yang berjudul  "Mitarai-ke, Enjou suru" () karya Fujisawa Moyashi (). Serial ini berjumlah 8 episode dengan jumlah durasi 50 menit. Untuk serial ini dibintangi Mei Nagano, Tsunemetsu Yuri, Taishi Nakagawa, Suzuki Kyoka dan actor/aktris jepang lainnya.

Serial ini cukup unik karena memiliki background dimana keluarga marga Murata ini keluarga orang kaya yang dimana ayahnya dari keluarga ini meneruskan rumah sakit yang sudah turun menurun dari keluarga, lalu seorang ibu yang intro vert tak pandai berbicara dengan orang lain dan dua anaknya Anzu Murata, anak perempuan yang suka membaca dan belajar, dan Yuzu Murata adiknya yang suka bermain di taman.

Lalu ada sebuah keluarga marga Mitarai yang dimana hidup dengan tiga orang yaitu Mitairai Makiko, seorang ibu rumah tangga biasa, lalu ada anaknya Mitairai Kiichi seorang anak yang menyukai astronomi dan bekerja paruh waktu di bengkel dan Mitarai Shinji  yaitu anak bungsu yang introvert dan pemalu. Pada serial ini fokus pada dua keluarga yang berbeda yaitu Keluarga Mitarai dan Keluarga Murata.

Suatu ketika, sebuah insiden dimana keluarga murata ini mengalami insiden yaitu rumah mewah mereka kebakaran yang membuat Murata Satsuki yaitu seorang ibu yang merasa bersalah pada suaminya yang telah lalai karena rumahnya terbakar namun Anzu memiliki pendirian yang dimana ibunya tak mungkin melakukan hal seperti itu. Dari insiden itu  membuat Murata Osamu ini menceraikan istrinya membuat Murata Satsuki hidup sebagai ibu anak satu yang membesarkan kedua anak perempuannya.

Serial ini memiliki cerita maju mundur yang dimana selalu mengingat kejadian 13 tahun lalu mengenai kebakaran tersebut. Sampai di masa depan, Anzu harus menyamar sebagai asisten rumah tangga untuk keluarga Mitarai yang dimana dirinya harus menyelidiki mengenai pelaku kebakaran dan tak ingin ibunya merasa bersalah akan kejadian tersebut. Pada awalnya berjalan lancar, walau diberi catatan tidak boleh ke lantai dua. 

Di dunia media sosial dimana, Mitarai Makiko memiliki kehidupan yang sempurna, kehidupan yang mewah, sebagai model yang sukses lalu memiliki dua anak yaitu anak pertamanya bekerja di luar negeri di bidang dagang, sedangkan anak keduanya masuk ke dalam sebuah universitas dengan jurusan kedokteran untuk meneruskan usaha rumah sakit turunan keluarga. Namun ketika Anzu melihat begitu berbeda apa yang dibayangkan.

Anzu menjalani sebagai asisten rumah tangga lalu di bantu oleh Claire yaitu temannya yang mencari informasi mengenai Mitarai Makiko dan adiknya Anzu juga turut andil. Jadi mereka bekerja sama untuk mencari kebenaran kebakaran 13 tahun lalu. Dari serial ini saya dapat mengartikan yang dimana perbedaan antara orang kaya dan miskin ditunjukan. Apalagi sosok Mitarai Makiko yang dahulunya orang miskin hidup dengan dua anaknya di rumah sederhana namun di masa depan dirinya menjadi sosok model amatir sebuah majalah jepang yang bernama SHINE sebagai identitas model ibu rumah tangga yang di idam-idamkan.

Mitarai Makiko tahu betul ketika dirinya menjadi orang miskin hingga akhirnya bisa menikahi Murata Osamu menjadi orang kaya mendadak. Lalu pada serial ini dijelaskan satu persatu tokoh yang saling terlibat yang kadang membuat gregetan, tapi saya menyukainya. Namun pada akhir episodenya pun yang ternyata mengandung plot twist dan menjadi masuk akal ketika melihat kembali cctv kejadian terakhir sebelum kebakaran.

Contohnya dimana Mitarai Makiko secara tidak sengaja bertemu dengan Murata Satsuki di sekolah untuk pertemuan orang tua di sekolah yang dimana mereka harus berdiskusi. Mitarai lah yang membuat percakapan dari situlah Mitarai sadar bahwa keluarga Murata ini orang kaya yang dimana, Mitarai selalu mengidam-idamkan sebagai orang kaya dengan bergaya persis dengan Murata yang ternyata Anzu tidak menyukai keadaan tersebut.

Insiden Kebakaran. Sumber : mydramalist.com
Insiden Kebakaran. Sumber : mydramalist.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun