Mohon tunggu...
Anastasia Suhartini
Anastasia Suhartini Mohon Tunggu... karyawan swasta -

I am Anastasia Suhartini. I have one fiance. He is Yoseph Ardryan.. Me, My Fiance, and My Mother also working together to build our business family begin at August 2013. \r\n\r\nWe have one secret receipt for cooking potato chips and My Mother named NYONG for our potato chips. \r\n\r\nWe have 8 partnership in Bandung and Cimahi :\r\n\r\n- PD Pasir Kaliki, Sosis, dan Baso at Jalan Abdul Rachman Saleh\r\n- Kabita at Jalan Pasir Koja\r\n- Dunia Buah-Buahan Jalan Pelajar Pejuang 45 no 14 and Jalan A.Rivai no 7\r\n- Cipta Rasa at Jalan Leuwigajah\r\n- Aneka at Jalan Gandawijaya\r\n- Rumah Makan Haji Cijantung at Jalan Kemuning\r\n- Mie Encek at Jalan Guntur\r\n- Rijsttafel at Jalan Pasir Kaliki Bandung.\r\n\r\nWe are proud to present our best quality for our product. You can see in our facebook page :\r\nhttps://www.facebook.com/KeripikNyong\r\n\r\nWe still growing up and hopefully we will have market place for sales activities. \r\nIf you wanna buy, you can call me : 081312324650\r\n\r\nMany Thanks, \r\n\r\nWarm Regards, \r\n\r\nAnastasia S

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Multiple Intelligence

11 Mei 2013   22:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:43 379 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Multiple Intelligence
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya ingin berbagi ilmu tentang Multiple Intelligence, seorang dari sahabat saya memberikan artikel tentang "Multiple Intelligence". Menurut saya sangat menarik dan patut diketahui oleh siapapun. Tulisan ini berasal dari artikel bulanan yang dituliskan oleh: Pdp Lina Arief S.T . Walaupun saya tidak mengenal beliau tapi saya kagum akan artikel yang ia tuliskan.

Untuk itu saya tuliskan kembali, apa yang beliau tuliskan di artikel itu ke dalam kompasiana saya.

Kali ini kita akan belajar aspek kecerdasan yang ada dalam diri seorang anak. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan produk  di lingkungan yang kondusif dan alamiah. Howard Gardner menyadari bahwa kecerdasan / kepandaian seseorang terdiri dari banyak aspek, beberapa aspek kecerdasan dalam diri seseorang bersama-sama membangun level kecerdasan orang tersebut, dan sekaligus membuat kepribadian seseorang menjadi sangat unik dan tidak akan ada yang sama persis sekalipun anak kembar. Dalam bukunya Frames of Mind (1983) dan Intelligence (1999) membagi kecerdasan menjadi beberapa kelompok.


  1. Linguistic Intelligence

  • Adalah kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan maupun tulisan, mereka mempunyai keterampilan berbicara dan pendengaran, menikmati bermain dengan bunyi, bahasa dan kata. Peran orang tua: memberi kesempatan anak berani berbicara mengungkapkan pendapatnya, menjadi teman bicara yang baik, jangan terburu-buru marah dan memotong pembicaraan anak, latih anak-anak berani tampil dalam acara di sekolah, gereja, ataupun tempat umum lainnya, sediakan sarana untuk anak gemar membaca dan menuliskan pengalaman mereka.


2. Mathematical Intelligence


  • Adalah kemampuan menggunakan angka dengan baik dan melakukan penalaran yang benar. Kecerdasan ini terbagi dalam :


-Numerical Intelligence adalah kemampuan seseorang dalam olah angka sederhana hingga ke olah angka yang lebih kompleks.

- Logical Intelligence adalah kemampuan seseorang untuk berfikir 'sebab-akibat' 'jika-maka'

- Analitical Intelligence adalah kemampuan seseorang untuk menganalisa sebuah permasalahan, menguraikan sebab dan akibat dengan mempertimbangkan segala aspeknya, situasi yang ada dengan menggunakan segala data bahkan memperkirakan apa yang akan terjadi kedepan.

3. Visual / Spacial Intelligence


  • Adalah kemampuan seseorang menuangkan baik dalam bentuk gambar, desain grafis apa yang ada di pikiranm di imaginasi, fantasi atau konsepnya. Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan seseorang untuk memahami konsep warna, komposisi, design, dan konsep ruang. Peranan orang tua : memberi kesempatan dan kebebasan dalam berekpresi ketika anak mewarna dan menggambar, mengenalkan berbagai media seni seperti melipat kertas, membuat dekorasi, melukis wajah sendiri.


4. Musical Intelligence


  • Adalah kemampuan seseorang dalam memahami 'suara' dalam hal irama, tangga nada, ketukan. Seseorang dengan kecerdasan ini akan mudah menyanyi , belajar dan menghafalkan lagu-lagu baru, menyanyi dan mengambil suara dengan nada pas. Peran orang tua : arahkan anak untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu anak-anak yang sarat dengan nilai-nilai moral.


5. Kinesthethic Intelligence


  • Adalah kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya secara tepat. Kecerdasan ini dimiliki para pemain olahraga, ketangkasan, pemain akrobat, penari. Dalam kehidupan sehari -hari sangat diperlukan kecerdasan ini yang disebut dengan istilah 'cekatan'. Peran orang tua :  sejak usia dini, anak perlu diajak bermain, berolahraga.


6. Natural Intelligence


  • Adalah kemampuan seseorang untuk berhubungan dan menyesuaikan diri dengan alam. Kecerdasan ini membuat seseorang pada jaman purba dapat menjadi 'survive'. Pada jaman sekarang, kecerdasan ini diperlukan agar bumi tempat tinggal kita tinggal dapat 'survive'. Peran orang tua :mengijinkan anaknya untuk memelihara binatang, mengajak anak menanam tanaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan