Mohon tunggu...
Willi Fragcana Putra
Willi Fragcana Putra Mohon Tunggu... Dokter - Medical Doctor

Medical Doctor Personal blog : www.williputra.com

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Waspada! Gangguan Mental Bisa Terjadi Pada Siapa Saja, Ini Faktanya

12 Agustus 2021   16:17 Diperbarui: 12 Agustus 2021   16:23 139 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Waspada! Gangguan Mental Bisa Terjadi Pada Siapa Saja, Ini Faktanya
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah Anda gangguan mental ternyata bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Fakta-fakta di bawah ini menjadi bukti gangguan pada kesehatan mental merupakan hal yang serius.

Bisa Menimpa Anak-anak dan Remaja

Gangguan permasalahan mental tak hanya menimpa orang dewasa yang dikenal memiliki banyak masalah. Gangguan ini telah diderita oleh 20 persen anak-anak dan remaja di dunia. Gangguan syaraf dan mental (neuropsikiatri) menjadi salah satu penyebab utama kalangan remaja mengalami gangguan permasalahan mental. Bahkan permasalahan mental ini banyak terjadi sebelum 14 tahun.

Dipicu Perang dan Bencana

Gangguan kesehatan mental semakin meningkat di kawasan yang rawan bencana dan perang. Sejak beberapa dekade yang lalu, perang dan bencana diketahui bisa memberi dampak cukup besar terhadap kesehatan mental maupun kesejahteraan psikososial. Dalam suatu kondisi darurat perang dan bencana, jumlah penyandang gangguan kesehatan mental bisa meningkat hingga dua kali lipat. Hal ini dipicu oleh trauma kekerasan, kehilangan keluarga, kehilangan harta benda dan lainnya.

Bunuh Diri


Bunuh diri menjadi penyebab kematian ke-2 terbesar di usia 15 hingga 29 tahun. Setidaknya ada 800.000 orang yang meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 75 persen kasus bunuh diri terjadi di negara berkembang yang memiliki pendapatan rendah dan sedang. Kasus-kasus bunuh diri ini sangat berkaitan erat dengan gangguan kesehatan mental sehingga memerlukan penanganan yang lebih efektif. Melakukan identifikasi dini dan penanganan yang efektif terhadap para penderita gangguan mental diharapkan bisa mengurangi potensi meningkatnya kasus bunuh diri ini.

Obat-obatan dan Zat Kimia

Penggunaan obat-obatan seperti narkotika dan konsumsi alkohol ditengarai menjadi penyebab utama gangguan kesehatan mental di seluruh dunia. Penyalahgunaan obat-obatan dan zat kimia berkaitan erat dengan depresi dan stress. Setidaknya 23 persen kasus kematian yang terjadi pada penderita gangguan kesehatan mental disebabkan oleh penyalahgunaan obat-obatan.

Penyakit Fisik

Baik penyakit fisik maupun penyakit mental sangat erat kaitannya. Penderita penyakit fisik berpotensi terkena gangguan kesehatan mental dan sebaliknya. Penderita penyakit parah seperti kanker yang sulit sembuh sering mengalami depresi yang membuat tubuh jadi semakin down. Tak jarang pula gangguan kesehatan mental meningkatkan potensi penyakit lain seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan HIV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan