Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

Penulis lepas, memberikan perspektif atas apa yang sedang ramai dibicarakan.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

15 Tips Membangun Personal Brand Online untuk Menumbuhkan Karier Anda

14 Juni 2021   15:31 Diperbarui: 14 Juni 2021   15:43 139 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
15 Tips Membangun Personal Brand Online untuk Menumbuhkan Karier Anda
Personal branding tidak hanya bicara penampilan real, namun citra di media sosial (SHUTTERSTOCK via kompas.com)

Membangun personal branding online menjadi hal penting bagi karir profesional Anda.

Ketika Anda mendengar kata branding, Anda mungkin memikirkannya hanya dalam hal bisnis dan bukan sebagai sesuatu yang Anda butuhkan secara pribadi.

Namun, membangun merek pribadi sangat penting dan akan membantu Anda memajukan jalur karier Anda.

Pada artikel ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya mengembangkan merek pribadi untuk diri sendiri dan memberikan beberapa tips untuk memulai.

Pertama, mari kita bahas apa itu personal branding!

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah tentang menciptakan reputasi --- alias, merek --- yang mewakili karir dan kepribadian profesional Anda.

Ini tentang siapa Anda, apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda bekerja, dan ke mana Anda menuju.

Seperti merek konsumen, merek pribadi tidak hanya menceritakan kisah Anda, tetapi juga menciptakan panggung untuk pertumbuhan dan akan memajukan Anda menuju kesuksesan karir masa depan Anda.

Sebuah merek pribadi melampaui resume dasar untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang siapa Anda secara profesional.

Mengapa Anda Benar-Benar Membutuhkan Personal Branding?

Seperti yang saya sebutkan di atas, reputasi pribadi lebih penting daripada yang mungkin Anda pikirkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mengembangkan merek pribadi Anda.

  1. Pemberi Kerja Membaca Profil Daring untuk Menyelidiki Kandidat Mereka - Ada banyak contoh di luar sana tentang kandidat yang memenuhi syarat melamar pekerjaan dan ditolak hanya karena mereka mengabaikan citra online mereka. Hampir 80% dari pemberi kerja men-Google bahkan sebelum mengundang kandidat untuk wawancara.
  2. Menguasai Pesan Anda - Ketika calon pemberi kerja mencari Anda secara online, memiliki merek pribadi yang kuat dapat memastikan bahwa apa yang mereka temukan adalah apa yang Anda ingin mereka temukan. Anda dapat mengambil alih dan memimpin cara mereka memandang Anda dan citra Anda.
  3. Mengembangkan Visi yang Jelas - Personal Branding membantu Anda menemukan siapa diri Anda dan tentang diri Anda. Majikan dapat mempelajari tentang hasrat Anda, melihat apa yang membuat Anda bersemangat, dan bahkan membayangkan di mana Anda ingin berada di masa depan.
  4. Mengembangkan Keahlian & Otoritas Anda - Membangun personal branding Anda tidak hanya akan menunjukkan kepada Anda secara lebih profesional, tetapi juga memberi tahu calon atasan Anda tentang diri Anda dan keahlian Anda. Setelah Anda mengembangkan visi yang jelas untuk merek Anda, harapan akan keahlian Anda dan otoritas di bidang Anda akan mendapatkan momentum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN