Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Panduan Wisata Taman Mini Indonesia Indah

8 April 2021   11:30 Diperbarui: 8 April 2021   11:35 506 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Panduan Wisata Taman Mini Indonesia Indah
Teater Keong Emas, salah satu atraksi yang bisa dikunjungi di TMII (kompas.com/Nabilla Ramadhian)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan sebuah taman raksasa yang terletak di Jakarta Timur. Seperti namanya, ini adalah taman miniatur yang mencerminkan kekayaan warisan budaya nusantara Indonesia.

TMII menawarkan pengalaman mengenal budaya Indonesia secara interaktif karena orang tidak hanya dapat melihat miniatur 33 provinsi di negara tersebut tetapi mereka juga dapat masuk ke dalam rumah dan melihat strukturnya dari dekat, seolah-olah mereka benar-benar tinggal di dalam rumah.

Selain rumah-rumah ini, terdapat taman, kebun binatang kecil, museum, dan rekreasi lain untuk para pengunjung. Ada sepuluh taman di taman, yang meliputi taman kaktus, taman bunga, dan taman tanaman obat.

Di dalam taman juga terdapat taman kecil dengan hewan, termasuk akuarium air tawar, taman burung, dan bahkan taman yang didedikasikan untuk ayam Bekisar.

Ada empat belas museum di TMII, yang paling terkenal adalah Teater Imax Keong Emas yang bangunannya didesain seperti keong mas.

Museum lainnya adalah museum yang dikhususkan untuk komodo, perang, listrik, perangko, olah raga, cagar budaya, telekomunikasi, transportasi, dan minyak dan gas.

Ada juga museum serangga dan taman kupu-kupu di halaman. Karya cendekiawan Indonesia serta apapun yang berhubungan dengan Quran juga dapat ditemukan di pameran Bayt al Qur'an dan Museum Istiqlal.

Ada juga aktivitas rekreasi lain yang bisa dialami di TMII. Ada Istana Anak-anak yang berbentuk seperti kastil dan memiliki cerita dongeng dari seluruh dunia.

Bagaimana menuju ke Taman Mini Indonesia Indah

Terletak di Jakarta Timur, salah satu cara termudah untuk mencapai taman melalui transportasi umum adalah dengan bus. Bus Transjakarta rute 7D, TMII-Cawang UKI, berhenti tepat di depan gerbang taman.

Penumpang bisa naik bus dari halte pertama, halte interchange bus Cawang UKI, yang terletak tepat di depan Universitas Kristen Indonesia (UKI) di Jakarta Timur.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x