Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

LG Berhenti Memproduksi Smartphone

7 April 2021   11:38 Diperbarui: 7 April 2021   11:50 96 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
LG Berhenti Memproduksi Smartphone
LG keluar dari bisnis smartphone, menunjukkan pasar semakin dikuasai oleh nama - nama tertentu seperti Apple dan Samsung (Esa Riutta/Pixabay)

LG menstop produksi smartphone dan menutup divisi pengembangan smartphone, perusahaan Korea Selatan tersebut mengonfirmasinya pada Senin (5/4/21).

Keputusan tersebut akan "memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan sumber daya di area potensial seperti komponen kendaraan listrik, perangkat yang terhubung, rumah pintar, robotika, kecerdasan buatan dan solusi bisnis-ke-bisnis, serta platform jasa dan layanan," kata LG dalam sebuah pernyataan.

Bagaimana nasib ponsel LG? Ponsel LG yang sudah diproduksi tetap dijual, dan LG mengatakan akan terus mendukung produknya "untuk jangka waktu yang akan bervariasi menurut wilayah".

Perusahaan belum mengatakan apa-apa tentang kemungkinan PHK kecuali bahwa "detail terkait tenaga kerja divisi smartphone akan diumumkan lebih lanjut".

LG berharap dapat menyelesaikan penutupan bisnis smartphone pada akhir Juli 2021. Keluarnya LG dari pasar smartphone telah menjadi isu selama beberapa bulan, menyusul kerugian besar divisi tersebut selama lima tahun terakhir.

Pernah dianggap sebagai saingan bagi sesama pabrikan Korea Selatan Samsung, smartphone high-end LG baru-baru ini kesulitan bersaing dengan keluaran terbaru, sementara handset yang lebih terjangkau menghadapi persaingan yang ketat dari saingan China.

Perusahaan sebelumnya mengatakan berharap membuat divisi smartphone menguntungkan pada 2021.

Berita penutupan divisi smartphone LG dapat berakibat ponsel LG yang dapat digulung tidak akan terwujud setelah lama diisukan akan muncul.

Terakhir kali perusahaan memamerkan perangkat tersebut adalah pada CES virtual tahun ini ketika perusahaan bersikeras bahwa perangkat itu asli dan akan diluncurkan akhir tahun ini.

Laporan bahwa LG telah mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis smartphone telah ada setidaknya sejak awal tahun ini.

Meskipun juru bicara perusahaan mencap laporan sebelumnya tentang kemungkinan keluarnya perusahaan dari bisnis ponsel cerdas "sepenuhnya salah dan tanpa alasan," seorang pejabat LG kemudian mengonfirmasi kepada The Korea Herald bahwa perusahaan harus membuat "penilaian objektif" tentang divisi tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN