Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Kenal dan Bisa Gunakan Zoom Lewat 8 Cara Berikut!

15 Maret 2021   11:51 Diperbarui: 16 Maret 2021   11:25 190 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenal dan Bisa Gunakan Zoom Lewat 8 Cara Berikut!
Zoom menyediakan sarana pertemuan lewat video (Biljana Jovanovic/Pixabay)

Zoom, aplikasi panggilan video, menjadi primadona internet pada 2020 selagi pandemi COVID-19 berlangsung. Beberapa bulan terakhir kita telah melihat bagaimana Zoom berkembang menjadi aplikasi kunci dalam melakukan panggilan video, transformasi setelah hanya dikenal sedikit orang sejak berdirinya pada 2012.

Bagaimana kemudian cara gunakan Zoom dalam kehidupan sehari -hari? Berikut 8 fakta yang dapat anda simak di bawah ini.

1. Zoom mayoritas digunakan di dunia pendidikan

Zoom adalah alat konferensi video paling populer di pendidikan global saat ini. Diluncurkan pada tahun 2012 dengan Stanford University sebagai pelanggan pertamanya, institusi pendidikan di seluruh dunia tertarik pada Zoom karena kemudahan penggunaan, keandalan, serta kualitas gambar dan audionya.

Yang juga menarik adalah biaya Zoom: gratis dengan batasan waktu dan jumlah pengguna, serta dan potongan biaya berlangganan bagi lembaga pendidikan.

Berikut adalah langkah awal untuk menggunakan Zoom:

2. Zoom memiliki berbagai alat untuk mendukung ruang kelas virtual

Semua alat yang diperlukan untuk mendukung pengajaran di ruang kelas virtual siap diakses Zoom. Alat-alat ini termasuk virtual background zoom, pengaturan audio dan video, pengaturan keamanan, polling, tukar pesan, merekam sesi Zoom yang sedang berlangsung, berbagi layar,

Cara menggunakan fitur utama yang tersedia di Zoom, antara lain:

3. Kelas virtual Zoom perlu direncanakan dengan hati-hati

Siswa dapat dikatakan belajar dengan baik ketika aktif terlibat dalam pembelajaran mereka dengan memiliki kesempatan berpikir dan berbagi pemahaman mereka tentang materi pelajaran dengan teman sebaya dan guru. Kalau tidak direncanakan dengan baik, sesi Zoom malah jadi tidak menyenangkan dan dihindari siswa.

Oleh karena itu, kelas Zoom paling efektif jika direncanakan dengan cermat untuk memberikan siswa waktu yang cukup untuk mendiskusikan, mempraktikkan, atau menerapkan apa yang mereka pelajari. Untungnya, ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu pengajar merencanakan kelas virtual mereka.

Berikut adalah contoh dalam mempersiapkan kelas di Zoom:

4. Zoom dapat digunakan untuk webinar

Zoom memiliki opsi webinar yang dirancang untuk memfasilitasi presentasi kepada banyak orang. Tersedia hanya untuk pengguna berlangganan, modul memiliki fitur pendaftaran webinar dan dapat mengirim pengingat otomatis ke peserta terdaftar. Fitur lainnya termasuk alat tanya jawab, opsi untuk menetapkan co-host, kemungkinan untuk melatih presentasi sebelum disiarkan langsung, dan alat pelaporan dan analitik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x