Mohon tunggu...
Willi Andy
Willi Andy Mohon Tunggu... Wiraswasta - Hidup dengan cinta dan kasih sayang

Berjuang dengan sungguh-sungguh tanpa lelah dan penuh perhatian

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Dari Pengalaman Menjual Mobil Bekas Pribadi Sampai Menjadi Sumber Penghasilan Tambahan

12 Agustus 2022   04:02 Diperbarui: 12 Agustus 2022   14:22 491 40 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Sahabat Kompasianer, apakah kalian punya mobil pribadi yang ingin dijual untuk di-upgrade atau hanya ingin dijual?

Saya pernah beberapa kali menjual mobil bekas pribadi saya. Dari total keseluruhan ada empat mobil yang saya jual.

Mobil pertama adalah Honda Accord 1989, mobil ini sebenarnya sangat bagus saat itu. Hanya saja setelah mengalami beberapa kerusakan sampai indikator lampu check engine nyala, saya memutuskan hubungan dengan mobil itu.

Jika mobil tua tahun 1989 yang indikator lampu check engine nyala tidak akan bisa lolos smog check. Sertifikat smog check di AS harus dimiliki oleh semua pemilik mobil tua. Jika kita tidak punya sertifikat lulus smog check maka kita tidak bisa memperpanjang masa operasi mobil kita.

Kita akan ditolak untuk memperpanjang masa operasi mobil sampai lulus smog check. Salah satu syarat untuk bisa memperpanjang izin mobil beroperasi adalah tidak adanya lampu check engine yang nyala.

Inilah salah satu kebijaksanaan pemerintah Amerika Serikat. Kebijaksanaan ini dicetuskan oleh para lawmaker untuk departemen transportasi setiap negara bagian. Jadi semua negara bagian AS harus mematuhinya.

Dan untuk mobil tahun 1989 masih menggunakan perangkat OBD 1 untuk mencari apa penyebab check engine menyala. Perangkat OBD 1 inilah yang bertugas mendiagnosis masalah mobil tua sebelum tahun 1990.

OBD 1 tidaklah seakurat OBD2 dalam hal menentukan masalah mobil ketika lampu check engine nyala. Inilah yang membuat saya sering keluar masuk bengkel demi untuk memperbaiki mobil yang lampu check engine nyala.

Yah sudah saya putuskan untuk mengganti mobil yang lebih muda. Saya mendapatkan mobil Honda Prelude 1994 dengan tukar tambah. Saya trade in mobil tua dengan Honda prelude dengan tambahan uang sekitar $1500 kalau tidak salah ingat.

Saya memakai Honda Prelude ini cukup lama sampai saya harus mengirimnya ke California setelah saya pindah ke sana. Saya terbang dengan pesawat domestik dari Atlanta ke Los Angeles, sedangkan mobil itu saya titipkan ke teman sekolah dan meminta mereka untuk mengirim mobil tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan