Mohon tunggu...
William Lukman Djaja
William Lukman Djaja Mohon Tunggu...

A language geek! tukang belajar dan ngajar bahasa asing dan bahasa Indonesia :DD Certified Behavior Consultant Founder of weespeak language school www.weespeaklanguageschool.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Asing Seperti Sherlock Holmes

16 Juni 2016   10:37 Diperbarui: 16 Juni 2016   10:46 342 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Belajar Bahasa Asing Seperti Sherlock Holmes
gambar: passaafita.com

Siapa yang tidak tahu Sherlock Holmes, seorang detektif terkenal karangan Sir Arthur Conan Doyle. Khususnya, serial Tv Sherlock Holmes yang ditayangkan oleh BBC ini. Peran Sherlock Holmes yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch yang sangat memikat setiap penontonnya dengan kemampuan analitis dan ingatannya yang sangat kuat, dan dapat mengambil data atau informasi yang ingin diingatnya dan dapat mengambilnya kembali kapanpun ia mau. Mind Palace, ya itulah sebutan untuk kemampuan yang Sherlock Holmes miliki dan juga musuhnya di episode terakhir di Season ketiga di serial Tv tersebut.

Nah, apakah itu Mind Palace? Mind Palace atau zaman dahulu disebut dengan method of loci adalah metode yang diciptakan oleh seorang penulis puisi Yunani, Simonides, jaman dahulu dimana didalam cerita ia berhasil kabur dari sebuah bencana besar di dalam gedung, dan dengan kemampuan spasial ini ia mampu mengingat dan menemukan siapa pelakunya. Mind Palace ini banyak digunakan dalam perlombaan mengingat karena sangat membantu mereka untuk mengingat urutan angka sampai ratusan angka kebelakang.

Cara kerja Mind Palace adalah dengan mengasosiasikan data dengan sebuah ruangan yang kita sudah ingat dengan jelas dan pasti. Contoh: Rumah kita sendiri, lalu dengan mengasosiasikan sebuah furnitur besar dirumah kita, seperti: Piano, meja, kulkas, bangku, ranjang, lemari dan lain-lain dengan berurutan. Sehingga, kita bisa tahu dengan jelas urutan dimana kita meletakan informasi tersebut. Sebagai contoh ruangan letak rumah kita sebagai berikut:

1. Piano

2. Meja tv

3. Meja rias

4. Lemari baju

5. Lemari

6. Meja makan

7. Tempat cuci tangan

8. Tangga

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN