Mohon tunggu...
William Jakfar
William Jakfar Mohon Tunggu...

Menulis tentang digital marketing dan bisnis di williamjakfar.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Iklan Anda Tidak Menghasilkan Sales? Tolong Baca Ini Dulu!

20 April 2019   18:13 Diperbarui: 20 April 2019   18:19 128 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Iklan Anda Tidak Menghasilkan Sales? Tolong Baca Ini Dulu!
Skrinsut

Sebagai seorang yang beberapa kali berbicara didepan umum tentang digital marketing, terutama bagian iklan, banyak sekali pertanyaan yang sebetulnya mengarah ke kenapa iklan saya tidak menghasilkan sales?

Pertanyaan ini banyak sekali datang dari industri menengah ke bawah, yang saya sangat mengerti latar belakangnya. Bisnis butuh cashflow dan iklan diharapkan bisa membantu pertumbuhan cashflow karena toh udah keluar uang..

Industri lain yang saya sering temui dan menanyakan hal yang mirip adalah industri yang berbasis sangat tradisional dan jarang sekali melakukan upaya marketing. Apakah ada? Banyak. Industri yang pada basisnya berkembang dari word of mouth, dan networking yang biasanya bergerak di B2B.

Tetapi ada alasan kenapa iklan yang Anda jalankan tidak menghasilkan sales, apapun alasannya. Saya akan mencoba beragumentasi mengenai 2 alasan paling sering yang saya temui setelah saya mengaudit iklan-iklan yang dijalankan oleh bisnis, yaitu masalah produk dan masalah marketing.

Masalah Produk

Salah satu masalah yang cukup fundamental bukan cuma dalam iklan namun dalam bisnis adalah masalah produk, terutama dalam tidak adanya demand dalam produk tersebut. Dalam kasus yang saya temui, masalah ini sering sekali ditemui oleh bisnis baru atau bisnis yang belum bulat dalam strategi produk.

You can't sell the unsellable
- Gary Vaynerchuk

Salah satu quotes yang sering sekali saya pakai adalah quotes diatas, kita tidak bisa menjual sesuatu yang memang tidak diinginkan pasar. Ego kita yang membuat kita merasa produknya akan laku.

Ada satu kasus contoh dari salah satu seminar digital yang pernah saya temui, salah seorang peserta bercerita tentang iklannya mengenai "dompet kertas" tidak terlalu laku. Akuntabilitas iklan yang dianggap membuat produknya tidak laku mungkin tidak terlalu pas saat saya sendiri tidak terlalu yakin ada demand yang tinggi terhadap produk tersebut.

Disini saya coba melakukan audit produk sederhana untuk melihat apakah demand untuk produk "dompet kertas" cukup bagus atau tidak menggunakan tool Google Trend dan Google Search saja.

Skrinsut
Skrinsut
Bisa diliat disini kalau sebetulnya trend pencarian untuk keyword "dompet kertas" itu tersedia dan lumayan stabil walaupun sangat jauh jika dibandingkan dengan keyword "dompet kulit".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x