Mohon tunggu...
Wildan Nanda Wicaksana
Wildan Nanda Wicaksana Mohon Tunggu... Lainnya - Menyukai dunia balap

Menulis merupakan hak bagi setiap manusia

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Jordan Ford 191, Mobil F1 Pertama Tim Jordan yang Sederhana Namun Memiliki Performa yang Menjanjikan

15 November 2022   11:32 Diperbarui: 15 November 2022   11:34 461
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jordan Ford 191, Foto: Nic Redhead/flickr.com

Jika Anda adalah seorang desainer mobil F1 dan bos tim meminta Anda untuk mendesain sebuah mobil F1 dengan jumlah staf yang sedikit dan akses terbatas untuk menguji coba mobil Anda ke wind tunnel, solusi terbaik untuk menyiasatinya adalah dengan mendesain mobil F1 sesimpel dan seefektif mungkin dan cara itu juga digunakan oleh Gary Anderson, seorang desainer tim Jordan untuk meranacang mobil F1 mereka. 

Sebelum mendesain untuk tim Jordan, awalnya dia bekerja di tim Brabham sebagai mekanik pada tahun 1972 untuk membantu tim tersebut membangun mobil F3. 

Lambat laun dia diangkat menjadi kepala mekanik di Brabham. Di tahun 1975 Anderson bermitra dengan mantan mekanik Tyrell, Bob Simpson untuk membangun mobil F3 yang bernama Anson yang cukup sukses di lintasan. 

Namun sayang di tahun 1977 sponsor tim tiba-tiba menarik diri dari kesepakatan yang membuat tim mengalami kesulitan finansial dan mobil mereka terpaksa harus ditarik. 

Balapan dengan sedikit uang tidak cocok dengan dirinya. Anderson memutuskan untuk hijrah ke Amerika Serikat dan menjadi kepala teknisi di sebuah tim Indy. Di sinilah dia pertama kali bekerja sama dengan pembalap Roberto Moreno. 

Bromley Motorsport Reynard 88D-Cosworth, Foto: vintageracecar.com
Bromley Motorsport Reynard 88D-Cosworth, Foto: vintageracecar.com
Duet mereka menjadi sebuah duet yang sukses besar di ajang balap F3000 ketika Anderson direktur Bromley Motorsport dengan Roberto Moreno sebagai pembalapnya dan Moreno memenangkan gelar Formula 3000 tahun 1988 untuk tim yang menggunakan sasis Reynard 88D F3000. 

Kemudian Adrian Reynard menyewa jasa Anderson untuk merancang sasis Reynard F3000 1989 dan 1990. 

Tak lama kemudian Jean Alesi memenangkan balapan Formula 3000 dengan mobil Reynard-Mugen yang didesain Anderson yang mana dijalankan oleh tim milik Eddie Jordan. 

Jordan terkesema dengan mobil hasil rancangan dari Anderson dan mencoba untuk menghubungi dia agar mau mendesain mobil F1 Jordan pertama. 

Jordan membujuk Anderson dengan mengklaim telah mengantongi sponsor untuk membangun mobil F1.  Anderson akhirnya takluk pada pesona Jordan dan menerima tawaran itu. 

Proyek F1 mereka dimulai di bulan Februari tahun 1990. Karena banyaknya jumlah tim yang ambil bagian dalam musim Formula Satu 1991, Jordan harus menyelesaikan pra-kualifikasi pada awal setiap akhir pekan balapan agar diizinkan masuk ke sesi kualifikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun