Mohon tunggu...
Wildan Hakim
Wildan Hakim Mohon Tunggu... Penyuka kopi dan olah kosakata

Lahir dan besar di Kediri Jatim. Alumni FISIP Komunikasi UNS Surakarta. Pernah menjadi wartawan di detikcom dan KBR 68H Jakarta. Menamatkan program master bidang manajemen komunikasi dari Universitas Indonesia pada 2012. Sempat bekerja sebagai konsultan komunikasi untuk PNPM Mandiri Perkotaan. Saat ini mengajar di Prodi Komunikasi Strategis Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kemenhub Gelar Mudik Gratis Aman Nyaman Setiap Tahun, Anda Tidak Tertarik?

14 Juni 2017   08:23 Diperbarui: 14 Juni 2017   22:47 0 1 0 Mohon Tunggu...
Kemenhub Gelar Mudik Gratis Aman Nyaman Setiap Tahun, Anda Tidak Tertarik?
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Calon pemudik henak mendaftar mudik gratis di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (1/7/2014). Kementerian Perhubungan membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara motor hingga 16 Juli mendatang. Program tersebut digelar untuk menekan jumlah pemudik sepeda motor yang rawan kecelakaan. | nasional.kompas.com

Bagi sebagian pemudik bersepeda motor, perjalanan pulang kampung dianggap sebagai petualangan. Jarak yang jauh kadang menjadi tantangan tapi kerap mengabaikan faktor keselamatan.

Senyumnya tersungging. Tidak tampak gurat lelah di wajahnya. Pria kelahiran Nganjuk Jawa Timur itu tengah menunggu sepeda motornya diturunkan dari truk pengangkut di halaman Kantor Dinas Perhubungan Kominfo Surakarta pada Kamis (24/07/2014).

Fandi Bagus menjadi salah satu pemudik sepeda motor yang memanfaatkan layanan mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan pada Lebaran 2014 silam. Kala itu, saya dan Fandi sama-sama hendak mudik ke Jawa Timur. Bedanya, saya mengendarai mobil pribadi, sementara itu Fandi naik bus yang disediakan gratis oleh Kemenhub.

Pas melintas di Surakarta (Solo), saya menyempatkan diri menemui Fandi untuk bertanya kabar.

"Enak mas, aku numpak (naik) bus gratis. Sepeda motor dinaikkan ke truk," ujar Fandi menceritakan pengalamannya mengikuti program mudik gratisnya Kemenhub.

Pagi itu, truk-truk pengangkut sepeda motor dari Jakarta mulai berdatangan ke halaman Kantor Dishubkominfo Solo. Tiap satu truk mengangkut 400 sepeda motor yang terjajar rapi. Sebelum mengambil sepeda motornya, para pemilik kendaraan diminta menunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK.

Sepeda motor pemudik yang diangkut dari Jakarta tiba di Solo pada Kamis (24/07/2014). Sumber foto: www.solopos.com
Sepeda motor pemudik yang diangkut dari Jakarta tiba di Solo pada Kamis (24/07/2014). Sumber foto: www.solopos.com
Salah satu jadwal mudik gratis yang disediakan Kemenhub pada Lebaran 2017. Sumber: Paparan Kemenhub 2017
Salah satu jadwal mudik gratis yang disediakan Kemenhub pada Lebaran 2017. Sumber: Paparan Kemenhub 2017
"Ini STNK harus kupegang mas. Pas ambil harus ditunjukkan di depan petugas," celoteh pria yang sehari-hari bekerja di sebagai editor video di Production House Watchdoc.

Pilihan Fandi untuk pulang kampung lewat program mudik gratis Kemenhub memang tepat. Baginya, jarak Jakarta menuju Nganjuk Jawa Timur terlampau jauh untuk ditaklukkan di atas jok sepeda motor. Selain melelahkan, berkendara jarak jauh dengan sepeda motor juga tidak disarankan.

"Kalau begini kan praktis mas. Orangnya naik bus, sepeda motornya naik truk. Nanti aku tinggal naik sepeda motor dari Solo menuju Nganjuk. Paling-paling cuma tiga jam sampai rumah," paparnya.

Lewat mudik gratis itulah, Fandi bisa memangkas lelah dan mengurangi potensi kecelakaan. Pria beranak satu itu cukup duduk manis di atas bus dari Jakarta hingga ke Solo. Untuk urusan makan, hal itu menjadi tanggung jawab masing-masing pemudik.

Mengapa Mudik Gratis?
Setiap tahun, Kementerian Perhubungan terus berupaya menekan jumlah korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama arus mudik maupun arus balik Lebaran. Salah satu langkah taktis Kemenhub ialah dengan mengurangi jumlah pemudik sepeda motor yang menuju Jawa Tengah dan Yogyakarta lewat program mudik gratis.

Petugas dari Kemenhub tengah memeriksa kelengkapan dokumen saat pemudik mendaftarkan sepeda motornya untuk diangkut secara gratis menuju Semarang dengan kapal laut. Sumber foto: Pribadi (Sri Hartati)
Petugas dari Kemenhub tengah memeriksa kelengkapan dokumen saat pemudik mendaftarkan sepeda motornya untuk diangkut secara gratis menuju Semarang dengan kapal laut. Sumber foto: Pribadi (Sri Hartati)
Berkurangnya para pemudik bersepeda motor akan berbanding lurus dengan angka potensi kecelakaan di jalan raya di sepanjang rute mudik Lebaran. Lewat program mudik gratis ini pula, Kemenhub bisa menyentuh langsung masyarakat. Pendek kata, negara hadir untuk melayani agar publik semakin #SiapUntukMudik.

Untuk Lebaran 2017 ini, Kemenhub menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat yang hendak mudik ke Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ada dua jenis layanan mudik gratis yang disediakan Kemenhub yaitu mudik gratis penumpang plus sepeda motor serta mudik gratis khusus sepeda motor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2