Mohon tunggu...
Wildan Aly Haidar Arvis Salam
Wildan Aly Haidar Arvis Salam Mohon Tunggu... mahasiswa dan santri

seorang designer , business , videograffer

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Kesunahan Witir di Dalam dan di Luar Ramadan

24 April 2021   00:16 Diperbarui: 24 April 2021   01:04 145 2 0 Mohon Tunggu...

Dari Ibni Umar berkata Nabi Muhammad SAW bersabda : sholat sunnah malam itu 2 rakaat 2 rakaat . Maka apabila salah satu dari dirimu khawatir tersusul sholat subuh, sholatlah satu rakaat untuk menggasalkan rakaat yang telah kau lakukan. " ( mutaaqun 'alaih)

Dalam hadis yang lain disebutkan dari Aisyah ra ia berkata : tidaklah Rasulullah  SAW menambah lebih dari 11 rakaat baik didalam maupun diluar bulan Ramadhan beliau melakukan 4 rakaat  . Maka jangan kau tanyakan indah dan lamanya , kemudian beliau melakukan lagi 4 rakaat  maka jangan kau tanyakan lagi indah dan lamanya. Lalu melakukan lagi 3 rakaat . Aisyah ra berkata : Alu bertanya : Ya Rosulallah , mengapa paduka tidur sebelum melakukan witir ? Nabi SAW menjawab : hai Aisyah . sesungguhnya 2 mataku tertidur tetapi tidak dengan hatiku ." ( mutaaqun alaih; Bulugul marom )

Dalam hadis ini terdapat pernyataan Aisyah : "baik didalam maupun diluar " ini berarti shalat witir , sebab sholat Tarawih hanya ada di bulan Ramadhan . Selain itu jamaah rakaat witir paling banyak adalah 11 rakaat dan paling sedikit 1 rakaat, setiap malam setelah melakukan sholat isya hingga menjelang fajar baik didalam maupun di luar bulan Ramadhan.

adi kesimpulan dari sholat witir adalah shoalt yang bisa dikerjakan setiap hari bukan di bulan Ramdhan saja dn untuk bilangannya adalah ganjil dari yang paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat, melakukan sholat witir itu seperti halnya sholat malam.

VIDEO PILIHAN