Mohon tunggu...
Wejie Kopi Susu
Wejie Kopi Susu Mohon Tunggu... Wiraswasta - Tempat Makan

Tempat Bukber Kalisari Jakarta Timur, Tempat Cafe Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur, Tempat Coffee Jakara Timur, Pekayon Jakarta Timur, Tempat Dinner Romantis Kalisari Jakarta Timur, Tempat Hits Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur, Tempat Instagramable Pekayon Jakarta Timur, Tempat Kuliner Kalisari Jakarta Timur, Tempat Ngedate Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur, Tempat Live Music Pekayon Jakarta Timur, Tempat Rooftop Kalisari Jakarta Timur

Selanjutnya

Tutup

Foodie

3 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh

17 September 2022   16:53 Diperbarui: 17 September 2022   17:01 75 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Penggunaan kopi yang paling umum di masyarakat adalah untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi tahukah Anda bahwa minuman pahit ini memiliki sederet manfaat kesehatan lainnya?


Nilai Gizi Kopi
Kopi sering dijadikan sebagai minuman wajib yang dikonsumsi sehari-hari bagi sebagian orang. Ini karena kopi dianggap sebagai penambah energi untuk memulai hari. Sebelum kita mempelajari manfaat kopi, penting untuk memahami terlebih dahulu nutrisi yang dikandungnya. Selain karbohidrat, protein dan lemak, kopi juga mengandung kafein, magnesium dan fitokimia. Fitokimia ini termasuk polifenol (termasuk asam klorogenat dan kuinat) dan diterpen (termasuk kafestol dan kahweol).

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Kopi adalah minuman perangsang yang mengandung kafein. Bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, mood, dan fungsi otak. Berikut berbagai manfaat kopi bagi kesehatan tubuh jika diminum sesuai kebutuhan:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Kutipan dari situs Harvard School of Public Health: Minum kopi secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang disebutkan di website. Minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari diperkirakan dapat menurunkan risiko stroke hingga 20% dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara teratur dalam jumlah sedang tidak membahayakan kesehatan jantung.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat lain dari minum kopi adalah menjaga berat badan ideal. Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition, membandingkan seberapa sering orang yang ingin menurunkan berat badan minum kopi dengan mereka yang tidak. Akibatnya, orang yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak. Konsumsi minuman berkafein karena itu dapat mendukung penurunan berat badan seseorang atau upaya pemeliharaan.

3. Mengurangi Resiko Diabetes
Selain menurunkan berat badan, kopi juga dikatakan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Jika Anda sudah menderita diabetes, ada risiko bahwa kafein dalam kopi dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Jadi jika Anda ingin minum kopi tetapi menderita diabetes tipe 2, bicarakan dengan dokter Anda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan