Mohon tunggu...
Wijayanti Ismail
Wijayanti Ismail Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Halal Bihalal Virtual, Solusi untuk Tetap Menjaga Silaturahmi Saat Lebaran di Masa Pandemi

9 Mei 2021   06:00 Diperbarui: 9 Mei 2021   07:04 788 19 2 Mohon Tunggu...

Menjelang lebaran, segala sesuatunya mesti dipersiapkan untuk menyambut hari yang fitri. Mulai dari membayar zakat fitrah, membeli pakaian baru, membuat kue-kue lebaran, sampai menyiapkan serangkaian kegiatan untuk merayakan idul fitri, yakni dengan acara halal bihalal

Halal bihalal merupakan salah satu tradisi umat muslim sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga besar maupun teman dan para sahabat. Halal bihalal ini dianggap sebagai momen yang tepat untuk saling memberi dan meminta maaf kepada sesama. Halal bihalal biasa dilakukan umat Islam setelah selesai puasa ramadan, di Bulan Syawal untuk saling memaafkan satu sama lain. 

Berhubung tahun ini negara kita, Indonesia, masih dalam kondisi pandemi, saya rasa kegiatan maupun acara halal bihalal masih tetap bisa diadakan. Bagaimanakah caranya? Apakah boleh berkumpul ramai-ramai dengan sanak saudara? Tentu bisa dan sangat mudah caranya untuk dilakukan. 

Halal bihalal virtual adalah solusinya. Ya, dengan halal bihalal virtual ini dijamin akan diperbolehkan oleh pemerintah sekalipun. Halal bihalal virtual tentu dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja kita berada. Bahkan, tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Sebab, semua dilakukan dengan virtual dan dengan segala persiapan yang sangat sederhana. 

Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan untuk halal bihalal virtual. 

1. Tentu harus menyiapkan paket data internet yang cukup. 

2. Siapkan handphone atau laptop untuk halal bihalal virtual. 

3. Siapkan aplikasi untuk halal bihalal virtual. Aplikasi yang dapat digunakan seperti Google meeting, Zoom meeting, maupun yang lainnya. 

4. Undang keluarga besar untuk bergabung dalam acara halal bihalal virtual. Semakin banyak yang bergabung akan semakin terasa suasana halal bihalal seperti biasanya yang dilakukan secara tatap muka langsung. 

5. Siapkan serangkaian bahan untuk mengisi acara halal bihalal virtual agar semakin seru, seperti sesi pembacaan ayat suci al-qur'an, salawatan bersama, kuis-kuis seputar kisah nabi dan rasul dengan hadiah THR agar anak cucu juga aktif dalam acara, maupun rangkaian isi acara lainnya. 

6. Siapkan makanan dan minuman masing-masing. 

7. Sebagai penutup acara halal bihalal virtual ini dapat ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh anggota keluarga yang paling tua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN