Mohon tunggu...
Wijayanti Ismail
Wijayanti Ismail Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Manfaatkan Waktu Saat Puasa Ramadan di Masa Pandemi

22 April 2021   13:42 Diperbarui: 22 April 2021   13:49 200 29 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaatkan Waktu Saat Puasa Ramadan di Masa Pandemi
Sumber gambar: isna.net

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah yang dinantikan oleh seluruh umat muslim. Sebab di dalamnya banyak keutamaan yang dapat menuai pahala bagi mereka. Tahun ini adalah tahun kedua bulan Ramadan hadir di tengah pandemi Covid-19. Namun, kali ini ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah kegiatan salat tarawih sudah dapat dilaksanakan kembali secara berjamaah di masjid atau musala. Dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan, minimal penerapan 3M yang diantaranya adalah mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

Amalan Utama di Bulan Ramadan

Ramadan adalah bulan yang mulia. Seluruh umat muslim berlomba-lomba dalam hal kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19, ibadah puasa di bulan ramadan tetap menjadi kewajiban bagi umat muslim.

Dalam hadits diriwayatkan oleh Imam Ibnu Khuzaimah, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan perbuatan baik (sunnah) pada bulan Ramadan, (ia diganjar pahala) sama seperti menunaikan suatu kewajiban (fardlu) pada bulan yang lain. Siapa saja yang menunaikan kewajiban (fardlu) di bulan Ramadan, (ia diganjar pahala) sama dengan orang yang mengerjakannya 70 kali kewajiban tersebut di bulan yang lain".

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya); kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi" (HR. Muslim).

Berdasarkan kedua hadits tersebut, terdapat beberapa amalan utama yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan di masa pandemi.

1. Salat Tarawih 

Ibadah salat tarawih merupakan salat sunnah yang utama di bulan Ramadan. Salat tarawih biasanya dilaksanakan setelah salat isya sampai dengan sebelum terbitnya fajar (subuh).

"Barangsiapa yang salat malam di bulan Ramadan (salat tarawih) karena keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka diampunkanlah dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Tadarus Al-quran

Hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas'ud yang menyatakan, "Rasulullah SAW bersabda, siapa saja yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al-quran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf" (HR. At-Tirmidzi).

3. Iktikaf

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN