Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan Guru Penggerak, Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan

29 Mei 2024   08:31 Diperbarui: 29 Mei 2024   08:47 472
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Kecerdasan Buatan/AI


https://www.youtube.com/watch?v=VKREY6komc8

Pendidikan guru penggerak, tergerak, bergerak, dan menggerakkan

Oleh: Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd

Pendahuluan 

Seorang kawan yang baik hati dan pengurus besar PGRI mengirimkan sertifikat pendidikan guru penggerak. Nilainya amat sangat baik. Omjay menjadi kagum dibuatnya. Beliau sudah bergelar doktor tapi tidak pernah berhenti belajar sepanjang hayat.

Beliau aktif di berbagai organisasi dan memimpin organisasi profesi guru. Orangnya masih muda dan ganteng. Tulisannya sering ada dalam kolom opini koran kompas. Itulah salah satu sosok guru penggerak yang Omjay kenal. Namanya Dr. Sumardiansyah Perdana Kusuma. Nama penanya superku. Sekarang beliau menjabat ketua dewan eksekutif asosiasi profesi dan keahlian sejenis yang disingkat APKS di PGRI. Beliau juga menjabat sebagai wakil sekjen PB PGRI.

Isi Tulisan ini adalah refleksi diri setelah mengikuti program pendidikan guru penggerak kemdikbudristek. Apakah sudah menjadi guru yang lebih baik dari sebelumnya, ataukah hanya menjadi guru yang hanya asyik dengan dirinya sendiri. Tidak peduli dengan prestasi dan hasil belajar peserta didiknya.

Apa yang semestinya dilakukan oleh seorang guru penggerak setelah mendapatkan sertifikat sebagai guru penggerak Kemdikbud ristek?

Guru harus terus bergerak, tergerak, san menggerakkan orang lain. Bukan hanya peserta didiknya saja tapi juga teman sejawatnya. Tidak boleh sombong dan merasa diri paling pintar. Sebab di atas langit ada langit. Guru harus terus belajar dan mengimplementasikan apa yang sudah didapatkan selama mengikuti program pendidikan guru penggerak.

Siapa yang seharusnya mengikuti program pendidikan guru penggerak Kemdikbud ristek?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun