Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Selamat Hari Ulang Tahun PGRI

25 November 2022   14:27 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:54 482
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama dua hari ini, channel youtube pengurus besar persatuan guru republik Indonesia (PGRI) non stop 24 jam. Kami tayang tiada henti dengan berbagai kegiatan dan ucapan selamat ulang tahun PGRI. Tak terasa PGRI sudah berusia 77 tahun. Sebuah usia yang sudah mulai menua dan melupa. Bahkan, sudah mulai dilupakan oleh para guru itu sendiri. Mereka ramai-ramai membentuk organisasi guru baru. Di era digital sekarang ini, guru bebas memilih organisasi guru yang ingin diikutinya.


Banyak yang terlupa bahwa hari ini adalah hari ulang tahun PGRI. Bukan hanya hari guru nasional (HGN) saja. Hari lahirnya PGRI kemudian dirayakan sebagai hari guru nasional. Banyak guru muda yang tak tahu akan hal itu. Mereka hanya tahu kalau hari ini adalah hari guru nasional dan bukan hari ulang tahun PGRI. Organisasi guru tertua di Indonesia.

dokpri
dokpri

Ada beberapa oknum koboi pendidikan yang hendak menghilangkan sejarah hari guru nasional dengan menghilangkan kalimat HUT ke-77 PGRI. Tentu saja hal ini harus diluruskan agar kita tak melupakan jasa organisasi guru tertua di Indonesia. HUT PGRI dan HGN merupakan satu tarikan nafas yang harus diketahui oleh guru yang telah membaca sejarah PGRI.

dokpri
dokpri

Bapak Dr. Sumardiansyah, ketua Litbang pengurus besar PGRI menuliskan pesan di WA Group PGRI. Isinya sangat bagus sekali.

𝗛𝗮𝗿𝗶 𝗚𝘂𝗿𝘂, 𝗣𝗚𝗥𝗜, 𝗠𝗲𝗺𝗼𝗿𝗶 𝗞𝗼𝗹𝗲𝗸𝘁𝗶𝗳, 𝗦𝗮𝘁𝘂 𝗧𝗮𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗡𝗮𝗳𝗮𝘀

Inspirasi hari guru nasional bersumber dari hari lahirnya PGRI. PGRI lahir pada 25 November 1945 melalui kongres guru Indonesia yang diadakan di Solo, tepat 100 hari setelah Indonesia merdeka. Ini adalah fakta sejarah yang tidak bisa dinafikan. Fakta sejarah tersebut kemudian diterima sebagai memori kolektif (collectief geheugen) dan diikat dalam peraturan perundang-undangan (wetgeving).

Keppres 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional merupakan pedoman yang berisikan pengakuan dan penghargaan pemerintah akan jasa guru serta kiprah PGRI bagi Republik selama ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun