Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Selamat Jalan Bapak Munif Chatib

1 Juli 2022   10:12 Diperbarui: 1 Juli 2022   10:18 4517 27 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kemarin, tanggal 30 Juni 2022 pukul 22.16 waktu Turki, saya mendapatkan kabar duka. Bapak Munif Chatib penulis buku best seller GURUNYA MANUSIA itu meninggal dunia. Kepergian beliau terasa sangat mendadak sekali. Kami tak menyangka beliau akan meninggal secepat itu. Innalillahi wainna ilaihi rojiun.


Di Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), kami rutin mengundang beliau di kelas public speaking fo teacher. Beliau sangat baik membagikan ilmunya kepada kami semua. Materinya selalu menarik dan banyak yang ikut hadir di kelasnya. Ilmu yang beliau kuasai dituliskan dalam berbagai judul bukunya. Salah satunya sekolahnya manusia. Sebuah buku yang sangat menginspirasi dunia pendidikan Indonesia.

dokpri
dokpri

Anda bisa melihat profil lengkap bapak Munif Chatib di About | Munif Chatib dan melihat hasil karya beliau di sini.

Munif Chatib, lahir tanggal 5 Juli di Surabaya adalah penulis buku best-seller Sekolahnya Manusia, diterbitkan dan di-launching pertama kali di MP Book Point Jakarta pada 2 Mei 2009, bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional. Pada tahun ini juga Munif chatib bertemu dan melakukan seminar bersama gurunya yaitu Bobbi de Porter, penulis buku dahsyat Quantum Learning dan Quantum Teaching di Hall kantor Kementerian Pendidikan.  Hampir seribu guru hadir di ruangan itu. Pengalaman yang mengesankan saat itu, ketika penulis ini membubuhkan tanda tangan bersama Bobbi pada hampir 750 bukunya. Akhirnya Bobbi DePorter juga bersedia memberikan endorsement pada buku selanjutnya yang berjudul Gurunya Manusia.

Saat ini Munif Chatib menjabat sebagai CEO NEXT EDU INDONESIA, sebuah Lembaga konsultan dan pelatihan guru di seluruh Indonesia dan luar negeri, juga mengadakan perjalanan study tour ke beberapa negara seperti Jepang, Finlandia, Rusia, Jerman, Perancis, dan Malaysia. Konsep sekolahnya manusia awalnya diterapkan pada tahun 2000 dengan berdirinya sebuah TK BUNGA BANGSA SIDOARJO, sekolah inklusi yang menerima anak berkebutuhan khusus dengan pendekatan kurikulum Islamic Quantum Learning. Saat ini TK BUNGA BANGSA SIDOARJO sudah menjadi TK percontohan dan banyak dikunjungi oleh pemerhati dan penyelenggara pendidikan dari berbagai kota di Indonesia sampai dari luar negeri. Tahun 2012, penulis mendirikan SD Plus Mutiara Ilmu Pandaan JawaTimur dengan konsep sekolahnya manusia. Sekanjutnya tahun 2015 mendirikan sekolah model di Cibubur Bekasi yang bernama SMP -- SMA School Of Human, sekolah inklusi dan laboratorium penerapan konsep sekolahnya manusia secara nyata. Tantangan muncul kembali 2016 untuk membenahi sekolah boarding khusus laki-laki bernama SMPIT-SMAIT INSAN MANDIRI CIBUBUR. Sekolah ini sekarang cukup diminati banyak masyarakat dengan pendekatan kurikulumnya Project Based Qurn. Dan tahun 2017 bergabung menjadi dosen pengajar di Univeritas Nahdlatul Ulama Surabaya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dunia pendidikan Indonesia kembali kehilangan tokoh pendidikan terbaiknya. Karya-karya pak Munif Chatib sangat luar biasa. Kami belajar banyak dari bapak Munif Chatib untuk menjadi guru manusia di masa pandemi. Selalu saja ada pengalaman beliau yang adapat kami implementasikan di kelas.

dokpri
dokpri

Kami di PGRI sangat berduka mendapatkan kabar Bapak Munif Chatib meninggal dunia dan meninggalkan kita untuk selamanya. Pagi ini waktu kota Kusadasi, Turki saya menonton kembali materi beliau di channel youtube Fajar Tri Laksono. Status terakhir beliau di WA pribadi Back to Basic, ngajar lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan