Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pengelolaan Blog Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis

16 Juni 2022   15:56 Diperbarui: 17 Juni 2022   14:47 507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis adalah judul laporan penelitian disertasi Omjay. Sudah Omjay presentasikan dalam ujian terbuka di pascasarjana UNJ tanggal 7 Juni 2022.

Penelitian ini bertujuan pengelolaan blog kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kolaboratif atau Collaborative Action Research (CAR). 

Jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 236 orang dengan jumlah guru sebanyak 4 orang. Proses pembelajaran dilakukan sebanyak 4 siklus, dari tanggal 1 September 2020 sampai dengan 21 Juni 2021. 

Pada penelitian CAR ini, peneliti melaksanakan tindakan perbaikan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui pengelolaan blog dengan cara memberikan tugas TIK yang diposting di blog dan mendapatkan komentar dari guru sehingga tercipta kolaborasi antara guru dan siswa. Semua itu dicatat dan dianalisis dalam siklus pertama hingga keempat.

Guru memberikan contoh menulis yang baik di blog dan memberikan komentar yang positif pada blog siswa sehingga mereka merasa tulisannya dihargai dan diapresiasi. Penilaian dilakukan dengan membaca tulisan siswa berdasarkan rubrik penilaian yang disiapkan oleh guru Bahasa Indonesia. 

Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan blog kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Juga menimbulkan rasa percaya diri siswa untuk menulis di blog yang dapat dibaca banyak orang di seluruh dunia. Blog siswa yang dulunya sepi menjadi ramai dengan tulisan tugas-tugas siswa.

Blog adalah bentuk aplikasi web sangat sederhana yang dijalankan menggunakan media internet. Istilah weblog adalah singkatan dari dua kata web dan log yaitu untuk masuk ke web. 

Blogging seperti yang didefinisikan oleh Jones dalam (Cequea & Gustilo, 2014) suatu kutipan dinyatakan kependekan dari web logging, bergantian disebut blog atau weblog lebih seperti jurnal online yang sering diperbaharui oleh penggunanya (Ozkan, 2011). 

Blog pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat artikel atau tulisan-tulisan dan gambar (foto) serta video (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web(Lillo-Bauls et al., 2016). 

Blog biasanya dikelola oleh pengguna tunggal (sebagian lainnya oleh beberapa penulis secara bersama) dibuat sesuai dengan topik dan tujuan dari para pengguna blog tersebut(Elega et al., 2020). Setiap blog yang dibuat akan memiliki keunikan masing-masing. Tergantung kreativitas pengelolanya. Biasanya pengelola blog disebut content creator(Asoodar et al., 2016).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun