Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Buat Apa Sih Kuliah Lagi?

12 Juni 2022   06:23 Diperbarui: 12 Juni 2022   06:41 2269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang kawan bertanya kepada Omjay. Buat apa sih kuliah lagi? Meraih gelar S1 saja sudah cukup. Gak usah pusing lagi untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3. Apalagi biaya tidak ada. Sulit untuk mendapatkan beasiswa.

Bagi saya secara pribadi, kuliah lagi itu penting. Kita menjadi bertambah wawasan dan keilmuan. Kita pun menjadi berubah cara berpikir dan menerapkan ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

Saya menyelesaikan kuliah S1 selama 4 tahun, S2 selama 2 tahun, dan S3 selama 8 tahun di kampus UNJ Rawamangun Jakarta Timur. Semua itu terjadi begitu saja. Allah mentakdirkan saya menjadi doktor pendidikan yang 4680 orang dari Pascasarjana UNJ.

Saya sendiri tidak pernah menyangka dapat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Sebab saya sudah bekerja menjadi buruh pabrik saat itu. Saya sudah merasa puas bekerja sebagai buruh pabrik.

Setelah tamat dari STM negeri 3 Jakarta, saya bekerja di perusahaan Jepang. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang memproduksi asesorisnya kendaraan motor. Saya bekerja di bagian painting. Saya bagian mengecat kilometer motor.

Setelah lelah bekerja, kawan sekamar kost saya memberikan semangat untuk kuliah lagi. Saya memilih IKIP Jakarta jurusan pendidikan teknik elektro. Alasannya karena jurusan ini sepi peminat dan mudah untuk mendapatkan beasiswa. Itulah informasi yang saya terima waktu itu.

Alhamdulillah di tahun kedua saya sudah dapat beasiswa PPA atau peningkatan prestasi akademik dari departemen pendidikan dan kebudayaan atau Depdikbud. Beasiswa yang diberikan sangat cukup untuk saya makan dan belajar di kampus.

Saya sudah menjadi guru sebelum lulus dan diwisuda S1. Setelah lulus kuliah S1, saya melanjutkan menjadi guru dan menekuni pekerjaan sebagai guru di salah satu sekolah swasta yang bernama Labschool Jakarta. 

Pekerjaan menjadi guru saya tekuni dengan sepenuh hati. Alhamdulillah dapat tawaran untuk kuliah lagi. Senang sekali waktu itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun