Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Pengalamanku Mendukung UMKM Bersama JNE

28 Januari 2022   23:39 Diperbarui: 28 Januari 2022   23:41 417 15 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selamat bahagia pembaca kompasiana. Selamat bertemu kembali dengan Omjay, guru blogger Indonesia. Kali ini Omjay akan menulis pengalaman omjay dalam membantu UMKM. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa disingkat UMKM sangat terpukul dengan adanya pandemi covid-19 ini. Banyak UMKM yang mengalami kerugian. Oleh karena itu, kita harus saling bantu dan mendukung agar usaha yang dijalankan para pelaku UMKM dapat terus berjalan dan mendukung perekonomian keluarga. Pelaku UMKM dapat berkolaborasi dengan JNE dalam memasarkan produknya ke seluruh Indonesia dan ke luar negeri. Hal yang harus dibaca dan anda lakukan adalah mengenal produk dan layanan JNE yang dapat anda baca di sini.

JNE telah berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, selain juga mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro. Banyak UMKM yang terbantu karenanya. Termasuk juga Omjay sebagai pelaku utama di bisnis UMKM. Omjay melihat sendiri kesibukan yang terjadi di kantor JNE. Banyak produk-produk JNE dikirimkan lewat JNE. Misi JNE untuk memberi pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten harus kita dukung. Inovasi yang dilakukan JNE yang tiada henti membuat konsumennya jatuh hati kepada JNE. Terutama para pelaku UMKM yang bergerak dari rumah. Selama pandemi covid-19, kami terpaksa harus beradaptasi dengan bekerja dari rumah (Work From Home).

dokpri
dokpri

UMKM di Indonesia banyak bidangnya. Ada UMKM bidang kuliner, UMKM bidang kecantikan, UMKM bidang fashion, UMKM bidang pendidikan, dan UMKM bidang agribisnis serta UMKM bidang otomotif dan masih ada yang lainnya. Omjay selalu menyarankan kepada mereka para pelaku UMKM untuk mengirimkan produknya lewat jasa layanan JNE. Jaringannya sangat luas, dan tersebar ke seluruh Indonesia dan manca negara. Tak terasa JNE akan memasuki ulang tahunnya yang ke-31 tahun. Sebuah perjalanan panjang untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global.

Peluang-peluang bisnis tercipta dari berbagai usaha yang dikembangkan oleh UMKM. JNE ikut menangkap peluang bisnis itu. Hal yang dulu hanya bisa dilakukan secara offline, kini bisa dilakukan secara online. Produk dan layanan JNE terus dikembangkan agar dapat mendukung usaha UMKM. JNE telah membantu UMKM dalam meraih keuntungan yang jumlahnya tidak sedikit. UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM), tercatat pada bulan Maret 2021 jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Informasinya dapat anda baca di sana.

Diskusi online bersama para pelaku UMKM (dokpri)
Diskusi online bersama para pelaku UMKM (dokpri)

Menurut website gramedia yang saya baca di sini, Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khususnya dalam sektor ekonomi. Roda perekonomian akan berjalan lancar seiring dengan lancarnya usaha para pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

JNE sangat membantu usaha para pelaku UMKM. Semua transaksi sekarang ini bisa dilakukan secara online. Bisa juga dengan cara COD atau bayar di tempat. Omjay merasakan adanya kemudahan ini. Omjay tak perlu pusing untuk mengirimkan barang ke seluruh Indonesia. Pengalaman pribadi, Omjay cukup mengirimkan pesan ke Whatsapp petugas JNE. Lalu petugas JNE datang ke rumah mengambil barang yang akan dikirimkan ke alamat pemesan. Kalau sudah sebulan, Omjay baru transfer dan bayar ongkos kirim JNE ke nomor rekening yang diberikan petugas JNE. Saat Omjay sakit, JNE membantu Omjay mengirimkan semua buku kepada para pemesan buku ke seluruh Indonesia.


JNE bahkan membantu Omjay dalam melancarkan ujian kelayakan disertasi S3 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). JNE membantu mengirimkan berkas dokumen disertasi ke rumah dosen penguji hanya dalam waktu sehari. Omjay menggunakan jasa YES, Yakin Esok Sampai. Berkat jasa JNE, ujian kelayakan Omjay berjalan lancar dan Omjay bisa mengikuti ujian tahap berikutnya, yaitu ujian tertutup dan terbuka. Semua itu Omjay lakukan hanya lewat online. Baik pengiriman barang maupun ujiannya dilakukan secara online. Mohon doanya bisa menjawab semua pertanyaan dosen penguji di ujian tertutup dan terbuka nanti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan