Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sudah dapat Apa dari Blog?

3 Juni 2021   05:15 Diperbarui: 3 Juni 2021   05:19 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah dapat apa dari Blog? (2)

Saya akan melanjutkan tulisan terdahulu. Sudah dapat apa dari blog?

Saya sudah banyak mendapatkan manfaat dari alat rekam yang ajaib ini. Tadinya saya tidak tahu manfaatnya. Saya banyak membuat blog pada saat itu. Tapi saya tidak tahu apa manfaatnya buat saya. Alhasil blog yang saya buat sepi dari pengunjung. Saya pun menjadi lupa password dan menganggap bahwa menulis di blog adalah pekerjaan yang sia-sia. Sampai suatu ketika saya bertemu dengan kakak beradik yang luar biasa. Agus Sampurno dan Dedi Dwitagama.

Saya perhatikan blog mereka yang selalu ramai pengunjungnya. Padahal tulisan mereka biasa biasa saja. Lalu kemudian saya belajar kepada mereka. Saya belajar dari blog http://gurukreatif.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com.

Kedua kakak beradik ini menggunakan blog gratisan di wordpress.com. Kemudian saya pelajari keunggulan dari blog gratis ini. Ternyata isinya jauh lebih interaktif dan kita cepat tahu tulisan mana yang paling banyak dibaca.

Mulailah saya bertemu dengan kawan-kawan blogger dan bergabung dalam komunitas blogger Bekasi. Di komunitas blogger itulah saya belajar kepada para ahlinya. Ada mas Masim Vavai Sugianto dan mas Aris Heru Utomo. Kepada mereka saya belajar dan akhirnya membentuk komunitas blogger Bekasi bersama mas Amril Taufik Gobel dan mas Eko Eshape serta kawan kawan blogger lainnya.

Tahun 2008, sekolah saya kebakaran. Sempat bingung juga mau mengajar apa di saat mendapat musibah kebakaran itu. Bantuan komputer dari Kemdikbud ludes dilalap si jago merah. Saya dan anak anak akhirnya belajar dari rumah.

Saat mendapat musibah seperti itu, kreativitas dan imajinasi saya mulai bermain. Saya mengajari anak anak labschool menulis di blog. Saya mengajak mereka menjadi blogger. Semua tugas dikerjakan di blog. Mereka saya latih menulis di blog dan menjadi bahan penelitian saya. Alhamdulillah laporan penelitian saya masuk final lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran tingkat nasional. Saya pun terpilih untuk maju mewakili DKI Jakarta mempresentasikan hasil penelitian saya.

Dengan judul meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui blog di internet, saya terpilih menjadi juara harapan dan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.500.000. Uang sebesar itu bagi saya sangat besar. Sebab gaji saya saat itu Baru separuhnya.

Mulailah saya mengumpulkan hasil karya siswa dan kemudian saya rajut menjadi buku yuk kita ngeblog! Buku tersebut saya buat sebagai buku pengayaan untuk siswa SMP. Alhamdulillah menjadi pemenang pertama naskah buku pengayaan tahun 2009. Saya mendapatkan hadiah uang sebesar Rp.20.000.000 di tahun 2009 yang uangnya dibayar langsung dan tidak ditransfer. Seminggu kemudian blog saya di http://wijayalabs.wordpress.com terpilih menjadi juara pertama lomba blog pusat bahasa Depdiknas. Saya mendapatkan hadiah sebesar Rp.7.500.000. Alhamdulillah dalam waktu sebulan saya sudah punya uang sebesar Rp 27.000.000 dari blog.

Saya sekamar dengan bapak Johan Wahyudi  yang juga mendapat juara pertama buku pengayaan di tingkat SMA. Kami menangis dalam kebahagiaan. Saat itu saya semakin yakin untuk menjadi seorang guru blogger. Mulailah saya membangun branding dengan nama guru Blogger Indonesia. Tagline blog yang saya ambil adalah menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun