Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Puasa Syawal Hari Kedua

22 Mei 2021   16:10 Diperbarui: 22 Mei 2021   16:31 35 1 0 Mohon Tunggu...

Puasa Syawal Hari Kedua

Alhamdulillah baru saja selesai sholat subuh. Saya berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam menyusun laporan desertasi yang belum selesai. Saya mulai membaca kembali apa yang sudah saya tuliskan. Kemudian saya revisi sedikit demi sedikit sesuai buku panduan yang diterbitkan Pascasarjana UNJ.

Saya juga membaca kembali tesis S2 di jurusan teknologi pendidikan UNJ. Alhamdulillah tahun 2010 semua laporan sudah tuntas dan siap diwisuda. Tak terasa sudah sebelas tahun lamanya. Semoga tahun ini bisa selesai S3. Walaupun kesulitan demi kesulitan saya alami dalam pengerjaannya.

Dulu sewaktu mengerjakan tesis, saya memiliki semangat 45. Setiap hari saya sempatkan waktu untuk memperbaikinya. Tak heran bila banyak yang membaca hasilnya. Bahkan beberapa adik kelas banyak yang meminjamnya secara langsung.

Waktu itu saya dibimbing oleh Prof. Conny Semiawan dan Prof. Diana Nomida. Dua orang pembimbing tesis yang sangat baik hati. Berkat bimbingan mereka saya lulus tepat waktu dan tidak keluar biaya kuliah. Semua biaya kuliah ditanggung oleh labschool UNJ dan Pomg SMP Labschool Jakarta.

Saat itu saya mendapatkan rekomendasi untuk melanjutkan kuliah S3. Namun tak mendapat izin dari pimpinan sekolah, karena saya diminta untuk mengabdikan dulu Ilmu yang saya dapat.

Baru tahun 2014, saya mendapatkan kesempatan untuk kuliah lagi. Tak terasa sudah 7 tahun saya menjalaninya. Saya kurang fokus dalam mengerjakannya. Baru di bulan Syawal inilah saya mulai fokus kembali untuk menyelesaikan laporan desertasinya.

Kemarin seharian saya baca ulang dari bab pertama sampai bab keempat. Banyak yang sudah saya perbaiki. Prof Basuki Wibawa  sudah menanyakan kapan siap ujian kelayakan. Semoga hari ini bisa selesai dan saya bisa ujian kelayakan. Aamiin.

Semalam dapat telpon dari seorang kawan pengurus PGRI. Slcc PGRI Jember meminta saya menjadi Narsum dengan materi optimalisasi blog sebagai media pembelajaran. Materinya sangat menantang dan sesuai dengan apa yang saya sedang teliti. Bagi anda yang ingin mengikuti secara langsung, dapat menonton di YouTube secara live pukul 13.30 wib.


Pagi ini saya sedang siapkan slide presentasinya. Semoga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat buat guru guru di Indonesia. Aamiin.
Puasa Syawal hari kedua ini semoga dapat diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Perjuangan berat meraih kemuliaan di bulan Ramadhan sudah kita lalui. Semoga dapat lebih baik setelah Ramadhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN