Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Puasa Syawal Hari Keenam

21 Mei 2021   06:41 Diperbarui: 21 Mei 2021   06:51 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Puasa Syawal hari keenam

Alhamdulillah sudah masuk hari keenam puasa di bulan Syawal. Seharusnya saya menyambutnya dengan sukacita. Setahun puasa sudah saya tunaikan. Namun, malang tak dapat ditolak dan untung tak dapat diraih. Hari kelima puasa Syawal saya batal. Hanya bisa setengah hari puasa.

Kemarin saya pergi ke dokter Ikin di jalan Jamika Bandung. Sakit di tenggorokan semakin parah. Neng Yati Yulianty menyarankan agar saya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

Di klinik dokter Ikin saya mendapatkan antrian nomor 6. Saya diperiksa suhu tubuh dan tensi darah. Suhu tubuh normal. Tapi tekanan darah masih meninggi. Dokter Ikin meminta saya untuk memakan obat darah tinggi 2 butir sekaligus. Supaya darah tinggi cepat menurun.

Dokter juga memeriksa bagian belakang dan tenggorokan saya. Katanya cukup parah dan saya diminta untuk menghentikan puasa saya. Sebab perlu banyak cairan agar tenggorokan tidak kering. Saya diberinya obat 4 bungkus. Dimakan 3 kali sehari. Pagi, siang, dan sore hari.

Selama berada di klinik dokter Ikin, saya sempat menyimak acara siaran langsung peluncuran kegiatan Kominfo bersama Presiden Joko Widodo. Semoga bangsa Indonesia semakin cakap digital. Berita hoaks dapat disaring dan kita lebih banyak menyebarkan berita berita yang positif.


Sampai rumah saya ditawari daging kornet. Emak esih memasaknya. Katanya beli di warung seharga Rp.27.000. Kemudian sehabis sholat dhuhur saya memakannya dengan sepiring nasi putih. Enak sekali rasa daging sapinya. Lembut dan enak di tenggorokan yang masih terasa sakit bila menelan makanan.

Sehabis makan 4 obat saya paksakan masuk ke dalam tubuh. Alhamdulillah tubuh ini semakin enakan. Tapi puasa sunah di bulan Syawal terpaksa batal. Dokter Ikin tidak memperbolehkan saya untuk puasa sunah dulu. Kecuali penyakit radang tenggorokan sudah sembuh.

Di YouTube saya dapatkan info tentang penyakit radang tenggorokan dan penyebabnya. Saya juga dapat info tentang bagaimana berpuasa supaya sehat. Saya bagikan linknya untuk anda di bawah ini.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun