Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Menulislah Dahulu Maka Ide Akan Datang

20 Maret 2021   07:27 Diperbarui: 22 Maret 2021   12:42 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menulislah Dahulu, Maka Ide Akan Datang Kepadamu. Itulah pesan yang saya dapatkan dari para penulis terkenal di negeri ini. SUNGGUH saya banyak belajar menulis dari mereka yang luar biasa dalam menulis.

Membaca tulisan bapak Dr. Ngainun Naim di blognya membuat saya terinspirasi menuliskan tentang ide menulis. SERINGKALI KITA TAK BISA MENULIS KARENA TAK ADA IDE DALAM MENULIS.

Ide menulis biasanya datang setelah saya melakukan proses membaca. Dengan banyak membaca ide baru dalam menulis muncul. BAHKAN IDE MENULIS ITU SANGAT LANCAR DITULISKAN.

Biasanya saya menulis pakai aplikasi whatsapp. Saya menulis apa yang ada dalam alam pikiran. Ide biasanya muncul sendiri setelah saya mulai menulis. BEGITULAH YANG SAYA ALAMI SEHARI-HARI.

Memang awalnya agak sulit, tapi lama lama menjadi mudah. Menulis itu sebuah keterampilan. Bagi mereka yang selalu berlatih menulis setiap hari, maka lama lama akan terampil dalam menulis.

Biasanya saya membaca dulu tulisan orang lain. Bagi saya yang sudah menjadi blogger tahun 2007, blog walking atau saling berkunjung ke blog orang lain adalah kewajiban. Dengan meninggalkan jejak dan berkomentar membuat saya menjadi terlatih menulis dan menemukan ide dalam menulis.

Menulislah dulu, maka ide akan datang kepadamu. Tuangkan saja dulu apa yang ada di kepalamu. Biarkan ide mengalir menemukan saluran komunikasi antara penulis dan pembaca.

Mulailah menulis dari apa yang disukai dan kuasai. Mulailah menulis dengan menyapa pembaca setia anda. Pada hakekatnya menulis itu sama halnya dengan kita berbicara.

Bila menulis sudah menjadi kebutuhan,  maka akan ada rezeki yang datang. Menulis bisa menjadi tambahan penghasilan bagi seorang guru seperti saya.

Semoga kita bisa menulis setiap hari dan menenukan ide dalam menulis. Saya belajar dari om Budiman Hakim. Buku menulis tanpa ide membuat saya mempraktikkan langsung menulis tanpa ide.

Kalau dimulai dengan niat yang ikhlas,  maka menulis akan berbekas. Hati merasa plong karena telah memberi tak harap kembali. Bila suatu saat nanti anda menjadi penulis terkenal seperti Mr. Emcho dan penulis lainnya, maka belajarlah menulis tanpa ide.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun