Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Saya Kok Menjadi Malas Menulis Ya?

15 Maret 2021   13:02 Diperbarui: 15 Maret 2021   13:06 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang kawan guru bertanya kepada omjay. Saya kok sekarang menjadi malas menulis ya? Apa solusinya omjay? Kalau membaca tulisan omjay kayaknya enak-enak saja dan selalu ketemu ide dalam menulis. Saya lihat Omjay mampu untuk menulis setiap hari.

Saya LANGSUNG MENJAWABNYA. OMJAY juga pernah mengalaminya. Bahkan TERLALU sering. Apalagi kalau sedang TIDAK ada mood dalam menulis. WAH malas sekali meninggalkan jejak jemari di papan keyboard laptop saya. Tapi, kalau menulis di WA saya sering. Setiap hari saya membuka aplikasi whatsapp dan membuka pesan di aplikasi ini. SEMUA PESAN DI WA PASTI SAYA JAWAB DENGAN CARA MENULISKANNYA.

Supaya tidak malas menulis, maka saya menulis di WA. Dengan begitu saya menjadi tidak malas menulis. Anggap saja sedang membalas pesan di WA YANG SELALU RAMAI SETIAP HARINYA. APLIKASI INILAH YANG SERING SAYA GUNAKAN SETIAP HARINYA. Saya jarang pakai aplikasi telegram dan line. Pakai TIKTOK DAN INSTAGRAM juga jarang.

BIASANYA saya menulis di WA dulu kemudian saya posting di facebook dan diedit di facebook JUGA. Setelah itu saya pindahkan tulisannya ke berbagai blog yang saya kelola. POKOKNYA saya menulis ada yang di wordpress, di blogspot dan di kompasiana. SEKARANG SAYA MALAH BANYAK MENULIS DI WEBSITE GURUPENGGERAK.INDONESIA.COM dan website terbitkanbukugratis.id.

RASA MALAS MENULIS ITU MEMANG HARUS DILAWAN. SAYA MELAWANNYA DENGAN BANYAK MEMBACA DAN JALAN-JALAN KELUAR RUMAH. Banyak ide menulis saya dapatkan setelah banyak membaca tulisan orang lain dan jalan-jalan di sekitar tempat tinggal saya.

Kalau saya lagi bete, biasanya saya putar lagu di youtube.COM atau buka quran di youtube.COM. KETIKA mendengar ayat-ayat kitab suci AL-QURAN dibacakan, hati ini merasa tenang dan damai, HAL itulah cara saya menjaga diri agar tidak stress dengan banyaknya pekerjaan yang harus saya lakukan setiap harinya.


JADI KALAU SAYA MALAS MENULIS, MAKA SAYA AKAN MELAKUKAN HAL-HAL DI ATAS TADI. ITU SAJA DAN SANGAT SEDERHANA SEKALI RESEPNYA. Seperti hari ini, saya juga merasakan malas sekali untuk menulis. SAYA JALAN-JALAN SAJA DI SEKITAR KOMPLEKS PERUMAHAN TNI AL JATIBENING INDAH. Setelah itu saya ajak pakde tetangga depan rumah membersihkan halaman rumah Oma dan membakar sampahnya.


Alhamdulilah saya sudah telpon anaknya Oma semalam. NAMANYA MAS TONY. Kami tetangganya sudah boleh menanam cabe rawit dan lain-lain di halaman rumahnya. Kemarin baru saja kami bersihkan dari tanaman liar. SEKARANG halamannya sudah bersih dan rapih siap untuk ditanami.

RENCANA nanti sore ibu Belen dan ibu Gatot mengajak menanam cabe rawit, dan saya masih menunggu nyala api supaya tidak padam di depan rumah Oma. Kata Pakde bisa kuat sampai malam hari kalau ditambahkan dengan kayu bakar. JADI SAYA CARILAH KAYU BEKAS SEBANYAK-BANYAKNYA DI SEKITAR RUMAH.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun