Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Upacara Hari Guru Nasional yang Berkesan

25 November 2020   23:59 Diperbarui: 7 Desember 2020   22:32 158 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upacara Hari Guru Nasional yang Berkesan
Omjay di HUT PGRI

Rabu, 25 Nopember 2020 pukul 08.00 WIB, saya mengikuti upacara hari guru nasional (HGN) yang diselenggarakan oleh kementrian pendikan dan kebudayaan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini juga disiarkan SECARA LANGSUNG di youtube chanelnya kemdikbud.

Senang sekali rasanya bisa mengikuti kegiatan ini secara langsung di internet. Walapun tak bisa ke kantor kemdikbud senayan, saya cukup terhibur dengan adanya kegiatan ini. Juga adanya siaran langsung melalui youtube channel kemdikbud yang saya putar juga di laptop. Terasa sekali kemeriahan kegiatan ini. Walaupun di saat wabah Covid-19 ini, mereka yang hadir wajib ikut rapid tes dulu. Pak Bambang, Pak Tatan dan Ibu Betti mewakili Ikatan guru TIK PGRI ikut menghadirinya secara langsung.


Alhamdulillah saya bisa mengikuti acara ini disela-sela kegiatan mengajar online siswa SMP Labschool Jakarta. Sehingga saya tetap bisa mengajar online secara virtual seperti biasa dengan siswa kelas 8G, 8E dan 7E. Inilah enaknya bila dilakukan secara virtual, kita bisa menggunakan dua device sekaligus, satu pakai laptop, dan satunya lagi pakai HP. Jadi kedua kegiatan bisa dilakukan secara bersamaan,

Dalam WA Group guru SMP Inspiratif, ada pengumuman dari panitia HGN.

Salam Sehat Bpk/Ibu Guru Tercinta..  

Sekretaris Jenderal Kemdikbud mengundang Bapak/Ibu Guru bersama- sama

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

pada

Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2020.

Hari, Tanggal: Rabu 25   Nov 2020,
Waktu: 7:00 WIB

Dan mohon ikut gladi resik dan jaringan pada:
Selasa, 24 Nov 2020
Pukul 07.00 WIB

Daftar terlebih dahulu untuk Upacara HGB 2020 ini pada tautan berikut:

https://ringkas.kemdikbud.go.id/upacaraHGN2020
 

Setelah mendaftar, Anda akan menerima email konfirmasi yang berisi informasi tentang bergabung dalam rapat.

Alhamdulillah saya langsung klik link yang dibagikan dan bertemu dengan para guru inovatif dan inspiratif tingkat nasional lainnya. Juga kepala sekolah SD dan SMP Inspiratif, dan Inovatif dari seluruh Indonesia. Jumlahnya hampir 200 orang. Saya melihat mereka lewat aplikasi zoom.

Omjay di acara upacara HGN secara Virtual
Omjay di acara upacara HGN secara Virtual
Backgroud Hari guru Nasional 2020
Backgroud Hari guru Nasional 2020
Saya berdoa kepada Allah. Semoga Allah mempertemukan kita di dunia nyata. Bukan hanya di dunia maya saja. Aamiin. Itulah pinta saya kepada Allah. Sudah tidak sabar ingin berguru kepada para guru inspiratif dan inovatif kemdikbud tingkat nasional ini. Mereka adalah para guru tangguh berhati cahaya. Mereka lolos di tingkat nasional karena mereka memang layak mendapatkannya, karena seleksi dari kemdikbud sangat ketat sekali.

Mereka adalah guru tangguh berhati cahaya yang pantang mengeluh, dan memang layak mendapatkan penghargaan tahun 2020 ini. Mereka berpakaian adat dari daerahnya masing-masing. Ada juga yang memakai seragam batik kusuma bangsa, baju batik kebanggaan anggota PGRI. Batik PGRI inilah yang saya pakai sat mengikuti upacara HGN secara virtual. 

Bangkitkan semangat wujudkan merdeka belajar adalah tema HGN tahun ini. Kita terus bergerak dan menjadi guru penggerak Indonesia sehingga Indonesia semakin maju pendidikannya. Guru Indonesia tak boleh menyerah dalam kondisi apapun dan siap beradaptasi dengan teknologi terkini di saat pandemi. Ayo kita gerakkan orang lain untuk melakukan juga hal yang sama dari apa yang kita kerjakan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.


Salut dengan perjuangan bapak ibu guru di daerah. Terutama di daerah 3T. Bapak dan ibu guru memang layak menang.  Dibanding kami yang mengajar di kota Jakarta yang jauh lebih lengkap fasilitas dan akses internet cepatnya.  Omjay salut dengan perjuangan bapak/ibu guru, dan memang sangat layak menjadi guru SMP inspiratif tingkat nasional Kemdikbud.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x