Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Gajah Mati Meninggalkan Gading, Blogger Mati Meninggalkan Posting

26 Agustus 2020   21:37 Diperbarui: 26 Agustus 2020   21:27 61 13 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gajah Mati Meninggalkan Gading, Blogger Mati Meninggalkan Posting
Pak Youri dan pak Apit/dokpri

Kata Pengantar OmJay
Guru Blogger Indonesia

Buku Semangat Menulis dan Mengabadikan Tulisan (Hasil Belajar Menulis Via Daring Bersama Omjay dan PGRI) adalah karya ibu Fuyi Yanti Pamaie, M Pd yang bagus sekali. Saya perlu waktu beberapa hari untuk melumat habis isinya.

Kita harus selalu memotivasi diri untuk gemar menulis dan gemar membaca referensi karya orang lain, lalu tidak menyia-nyiakan waktu begitu saja dan tempat untuk menulis juga tidak usah terlalu sulit. Kita gunakan blogger.com untuk setiap hari menuangkan ide-ide yang cemerlang. Adanya blog pribadi di internet membuat kita bisa belajar menulis setiap hari.

Tulisan yang biasa-biasa saja bisa menjadi berbobot dan menarik jika kita dibantu oleh editor yang memiliki keterampilan merangkaikan kosa kata yang bervariasi & berkualitas. Setiap hari selalu produktif menulis tanpa kehilangan ide karena dari rutinitas atau pengalaman orang lain adalah inspirasi yang kaya untuk dituliskan.

Bantuan dari orang lain yang memiliki kompetensi untuk memfasilitasi tulisan kita diterbitkan menjadi buku dan tidak jarang menjadi komersil untuk menambah penghasilan. Menulis itu bermanfaat dan melapangkan rasa untuk pencerahan karakter supaya selalu bersemangat. Oleh karena itulah kita mengabadikan tulisan-tulisna kita dalam bentuk digital dan posting di blog. Gajah mati meninggalkan gading. Blogger mati meninggalkan posting.

Ide adalah hal penting dalam berkarya melalui tulisan. Untuk membuat sebuah tulisan yang baik membutuhkan ide. Berikut ini adalah beberapa tips mencari ide yang saya dapatkan dalam buku ini yaitu: Bacalah sebanyak mungkin buku. Refreshing. Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak Anda dari rutinitas.Tulis apa yang bisa Anda tulis Jika Anda belum mendapatkan ide, cobalah.Cari referensi dari berbagai media. Anda juga bisa menggunakan cara ATM (amati, tiru, modifikasi).  

Ayo terus menulis adalah cara saya mendapatkan ide segar yang ada di depan mata dan hati saya. Kumpulkan tulisan anda dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema. Konsultasikan dengan editor atau pihak penerbit. Anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca.

Menjaga motivasi tinggi adalah faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Motivasi ngeblog  ada dua yaitu hasil ngeblog dan target ngeblog. Motivasi yang berorientasi pada hasil sebaiknya dihindari, karena kalau tidak mendapatkan hasil atau keuntungan, maka anda bisa dengan mudah meninggalkan blog. Anda tak akan bisa mengabadikan tulisan di blog menjadi sebuah karya yang bermanfaat buat orang banyak.

Blog adalah media tempat kita menulis. Kita tidak perlu menunggu ide atau kejadian hebat untuk bisa menulis karena hal biasa bagi kita bisa dianggap luar biasa bagi orang lain. Mulailah menulis hal yang paling mudah ditulis, seperti pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Lalu motivasikan diri untuk menulis setiap hari dengan target bahwa blog harus update. Dengan begitu semangat emnulis akan terjaga setiap hari.

Menjadi seorang penulis dalam proses perjalanannya, wajib terus memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas. Kegemamaran dan keterampilan menulis yang sudah sejak awal pertama kali ditekuni akan memberikan pengalaman dalam dunia menulis. Untuk membuat tulisan ada beberapa kiat yang harus diperhatikan.

Pak Namin dalam buku ini merangkumnya dalam bentuk SA yaitu DIPAKSA, TERPAKSA, KEPAKSA, BIASA, DAN TERBIASA. Boleh juga ditiru nih. Jadi pemaksaan yang pertama karena ada orang ingin menulis tapi malas harus memiliki keterpaksaan. Bapak Namin bercerita, untuk membuat beberapa tulisannya kadang membutuhkan waktu tiga bulan dan namun setelah terbiasa beliau cukup meluangkan waktu minimal limabelas menit saja. Luar biasa!

Menurut narasumber dalam buku ini, memaksakan diri untuk mendapatkan kalimat yang akan ditulis dan bisa menulis harus banyak membaca buku. Hal yang terpentng tujuan utama kita dalam menulis. Semakin banyak menulis, semakin sering melatih keterampilan mengkonversi fikiran menjadi tulisan maka akan kita mudah membuat sebuah artikel.

Semua yang ada disekitar kita atau apapun yang kita alami bisa menjadi inspirasi dalam menulis. Memiliki blog sederhana sekalipun, tapi tidak pernah diisi, ibarat masuk ke rumah megah tanpa penghuni. Padahal dengan mengasah keterampilan lambat laun kita akan mengenal dan larut dalam dunia penulis.

Salam Blogger Persahabatan
Omjay
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

VIDEO PILIHAN