Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tugas dan Tantangan Kepala Sekolah di Era Milenial dan Digital

10 Agustus 2020   00:38 Diperbarui: 10 Agustus 2020   00:27 1003 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tugas dan Tantangan Kepala Sekolah di Era Milenial dan Digital
img-4031-jpg-5f303495097f3615b11de8f7.jpg

TUGAS DAN TANTANGAN KEPALA SEKOLAH DI ERA MILENIAL & DIGITAL

Oleh: Wijaya Kusumah, M.Pd

Saya berpikir sejenak dan membayangkan bila saya diberi amanah menjadi kepala sekolah. Tugas dan tantangan pasti akan saya hadapi di era digital dan milenial. Kepala sekolah bersama para guru pasti akan ditantang untuk melahirkan pemimpin masa depan yang mampu beradaptasi dengan perubahan di era disrupsi. Di situlah harus ada inovasi yang harus dilakukan dengan mengembangkan kreativitas dan imajinasi.

Sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa harus mampu menciptakan pemimpin masa depan yang berakhlaqul karimah dan dibimbing oleh guru-guru yang memiliki sifat kenabian yaitu sidiq, tabligh, amanah, dan fathonah. Tantangan global yang dihadapi harus dijawab dengan membina siswa melalui pendidikan karakter yang baik sehingga terbentuk budaya sekolah atau school culture yang unggul di masyarakat.

Kepala sekolah bersama tim yang solid harus mampu mentransformasikan sistem pendidikan yang mampu menjawab tantangan kecakapan hidup yang dibutuhkan saat ini. Pembelajaran harus digiring kedalam 4 hal yaitu berpikir kritis dan mampu mengatasi masalah, melakukan kreativitas dan inovasi, mampu berkomunikasi dengan baik dan bisa bekerjasama dalam tim atau kelompok.

Oleh karena itu, peranan kepala sekolah dalam mengimplementasikan hal di atas harus dirumuskan dalam 4 hal yaitu:            
1. Kebijakan  
2. Kurikulum
3. Kebaruan  
4. Kemitraan

Kepala sekolah harus mampu mengeluarkan kebijakan dan rencana sekolah untuk mengembangkan keterampilan baru. Lalu mampu mengikuti kurikulum yang berlaku dan mengembangkannya. Juga melaksanakan strategi pembelajaran yang baru dan relevan sehingga ada kebaruan, dan terakhir membentuk kemitraan sekolah di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Kepala sekolah juga harus mampu menyiapkan dan menterjemahkan sistem pendidikan di era digital. Informasi baru harus mampu disiapkan dan diciptakan di era digital sehingga dengan mudah tersebar ke seluruh dunia. Semua serba online dan nyaris tanpa kertas atau paperless. Sekolah online dan kelas maya tidak bisa dihindari di saat wabah covid-19 belum sirna di seluruh dunia. Layanan pendidikan yang bersifat online harus menjadi fokus kepala sekolah dalam melayani semua.

Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam mengisi fungsi managerial di sekolah yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi berbagai program sekolah, tetapi juga secara moral sebagai motor utama dalam pengembangan sekolah. Hal ini akan membuat seorang kepala sekolah harus mampu menjadi motivator dan fasilitator yang baik sehingga tidak hanya mampu bekerja secara profesional tapi juga mampu mengembangkan kewirausahaan. Keuangan sekolah dapat berjalan sesuai dengan perencanaan operasional kegiatan.

Kepala sekolah juga harus mampu memimpin perubahan pembelajaran, budaya baca, dan manajemen sekolah. Kepala sekolah bersama para guru menjadi kunci penting dalam memajukan sekolah Labschool yang sudah terkenal di masyarakat berpengetahuan. Banyak orang tua berharap mendapatkan pelayanan prima ketika anaknya bersekolah di Labschool.

Kepala sekolah harus berada di depan untuk lebih banyak berpraktik dalam menerapkan pembelajaran aktif dengan unsur mengalami, interaksi, komunikasi, dan refleksi. Kemudian menerapkan manajemen sekolah yang berfokus pada pelibatan peran serta masyarakat, transparan, dan akuntabel serta mengembangkan program budaya baca dan suka menulis serta meneliti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN