Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Rahasia Menulis Mudah bagi Pemula

30 Juli 2020   17:50 Diperbarui: 30 Juli 2020   17:50 50 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rahasia Menulis Mudah bagi Pemula
rahasia menulis mudah bagi pemula, dok. pribadi

RAHASIA MENULIS MUDAH BAGI PEMULA

Sebuah Kata Pengantar dari Guru Blogger Indonesia

Sebuah tulisan akan enak dibaca jika tulisan memiliki 'ruh' atau 'jiwa'.  Cara terbaik memberikan ruh adalah sebagai penulis, anda harus tahu dalam satu kalimat, hal apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca. Sebuah buku yang tebalnya berlembar-lembar pun pada akhirnya punya satu tema besar yang ingin disampaikan. Hal itulah yang saya baca dari buku karya ibu Safitri Yuhdiyanti.

Buku Rahasia Menulis dengan Mudah Bagi Pemula dapat terwujud, adalah buku resume yang dihasilkan saat era pandemi Covid-19 dari sebuah grup pelatihan Belajar Menulis Online Gelombang 9 bersama Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd.  Selama 30 kali pertemuan kuliah online, para peserta dipertemukan dengan para penerbit buku dan narasumber luar biasa  yang sudah menghasilkan banyak karya.

Sebelum menulis alangkah baiknya kita membuat blog terlebih dahulu supaya kita fokus dalam menulis dan penyimpanannya juga rapi (tidak tercampur dengan konten lain). Blog juga memiliki fitur menu kategori tulisan sehingga memudahkan mengeksplor isi blog.  Selain itu menulis di blog lebih enak dari pada di facebook, karena tulisan akan mudah dicari walaupun sudah puluhan tahun.

Menulis adalah suatu keahlian.  Tidaklah mudah bagi setiap orang untuk menuangkan semua yang ada di pikirannya dalam bentuk tulisan.  Tentunya bagi penulis  yang ingin bisa menulis dan menerbitkan buku, maka membaca adalah adalah salah satu vitaminnya. Menulis merupakan sebuah proses yang lambat laun kita akan menyukai tulisan kita sendiri. 

Omjay mengingatkan agar kita kembali meluruskan niat untuk menulis hingga dapat diterbitkan menjadi sebuah buku. Sebuah motivasi awal  yang Omjay sampaikan sebelum menyampaikan materi. Selama ada kemauan di situlah ada jalan dan bukan hanya sertifikat 40 jam yang kita kejar tapi semua peserta dapat menerbitkan buku ber-ISBN.

Bagi penulis pemula tentunya akan merasa gagap saat mau mengawali merangkum materi.  Solusinya adalah supaya kita saling membaca dan memuat tulisan para peserta di grup ke dalam blognya.  Hal ini diperboleh asalkan tetap mencantumkan sumbernya.  Sebagai seorang blogger tentunya ada sesuatu yang tidak menyenangkan yaitu di saat tulisan kita diambil orang lain tanpa mencantumkan nama kita.

Pesan Omjay supaya terus saja menulis.  Mulailah menulis yang ringan-ringan saja. Berawal dari menulis 3 alinea.  Alinea pembuka yang memikat hati pembaca.  Alinea isi yang terurai sistematis dan alinea penutup yang membuat orang lain tercerahkan. Menulis adalah suatu keterampilan yang bisa dilatih dan diajarkan.  Ibarat pisau yang harus selalu diasah supaya tajam saat digunakan. 

Salam Blogger Persahabatan

Omjay, Guru Blogger Indonesia

Blog http://wijayalabs.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x