Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Meraih Mimpi dari Ngeblog

30 Juli 2020   08:45 Diperbarui: 30 Juli 2020   08:51 60 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meraih Mimpi dari Ngeblog
Peserta belajar ke China

Kata Pengantar Omjay, Guru Blogger Indonesia

Meraih mimpi dari ngeblog adalah sebuah buku yang dibuat oleh ibu Maryuni Puji Rahayu. Judulnya sangat menarik hati saya sebagai guru blogger. Sebab saya sudah mulai mewujudkan mimpi-mimpi ini menjadi nyata. Semua diawali dari mulai membuat blog dan komitmen untuk mengelolanya dengan cara menulis setiap hari.

Judul buku yang baik, antara lain: mampu mencuri perhatian pembaca, mencerminkan tema atau arah tulisan, sehingga bisa menjadi semacam miniatur isi keseluruhan tulisan, ringkas dan padat. Itulah sedikit materi yang saya dapatkan dalam buku yang menginpirasi ini. Saya perlu waktu selama dua hari untuk melumatnya sampai habis.

Buku Meraih Mimpi dari Ngeblog berisi kumpulan tulisan ibu Maryuni selama mengikuti kuliah online bersama OmJay dan narasumber hebat lainnya. Alhamdulillah, setelah mengikutinya lebih dari 20 kali pertemuan, akhirnya buku ini dapat tersusun  dengan baik. Banyak sekali ilmu yang bisa pembaca pelajari dan dapatkan di sana. Karena disampaikan oleh narasumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Pelatihan Belajar Menulis bersama OmJay, dkk membuat mimpi menjadi nyata. Pelatihan menulis melalui GWA (Grup Whats App) ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Selama 20 kali pertemuan, dan 10 kali pertemuan motivasi. Semua peserta  akan mendapatkan materi seputar menulis hingga menerbitkan buku. Dalam pelatihan, peserta diwajibkan memiliki blog untuk mempublikasikan rangkuman materi setiap pertemuan dan mendapatkan motivasi.

Ada sebuah pertanyaan yang menarik dalam buku ini. Salah seorang peserta guru menulis bertanya, bagaimanakah cara membuat blog kita menjadi ramai pengunjung dan bisa dilirik oleh pembaca? Lalu  akhirnya bisa menjadi seorang blogger terkenal. Karena saya pribadi belum begitu faham tentang manfaat blog itu sendiri. Hal yang saya tahu hanya sebatas tempat menggoreskan pena pengganti kertas kemudian dipublish.

Saya tersenyum membaca pertanyaan itu. Sebab pertanyaan itulah yang pertama kalinya saya tanyakan kepada para blogger ternama. Dari merekah saya belajar dan akhirnya mimpi saya menjadi nyata. Satu per satu mimpi-mimpi itu terwujud dan selalu saya tuliskan di blog sehingga menginspirasi banyak orang. Bahkan tulisan-tulisan itu akhirnya menjadi buku. Saya pun bisa mewujudkan mimpi saya untuk belajar ke negeri China.

Buku meraih mimpi dari hasil ngeblog, sebaiknya anda miliki agar termotivasi setelah membaca isi bukunya. Hal yang tak kalah penting adalah kita harus ngotot belajar hal yang disukai. Gali terus detail-detailnya. Karena suka, pasti tidak ada bosannya dan malah menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik. Kita tidak perlu menjadi ahli.

Namun kita bisa membangun personal branding (aspek di mana kita dikenal karena hal yang menjadi fokus kita). Hal yang tidak kalah penting adalah berbagi hasil belajar dengan pembaca lewat tulisan kita di blog. Dengan berbagi kita tidak akan merugi malah akan mendatangkan manfaat yang tidak disangka-sangka.

Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN