Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

PGRI Mengajak Guru Daring Milenial Pintar Digital

12 Mei 2020   19:29 Diperbarui: 12 Mei 2020   20:10 540 7 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PGRI Mengajak Guru Daring Milenial Pintar Digital
HUT PGRI bersama Presiden Jokowi--dokpri


Ini ide yang sangat super sekali. Di saat wabah corona yang merajalela di seluruh dunia, PGRI menawarkan sebuah program yang banyak diminati guru-guru milenial. Kegiatan ini disambut sangat antusias oleh guru-guru anggota PGRI. Dari tanggal 2 sampai 20 Mei 2020 Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) mengadakan acara Self Driving Teacher dengan tema Menciptakan Pola Pembelajaran Efektif dari rumah. Materi yang paling populer adalah materi tentang Digital Lieracy yang disampaikan oleh guru besar ITB.

Penguru PGRI mengajak guru dalam jaringan untuk pintar digital di era milenial. PGRI dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Unifah Rosyidi memang luar biasa dan saya merasakan kedahsyatannya setelah diajak Prof Eko Indrajit dalam kepanitiaan bersama kawan kawan pengurus Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI. Mereka adalah orang-orang profesional yang penuh dengan kreativitas dan pemikiran yang hebat. tak salah bila presiden Jokowi mengundang penguru PGRI ke istana negara untuk memberikan masukan tentang dunia pendidikan dan penyiapan SDM Unggul.

koransulindo.com
koransulindo.com
Program guru daring milenial memang dahsyat. Smart learning and character center (SLCC) PGRI yang diketuai Prof Eko Indrajit telah mernacang dengan baik kurikulumnya. Guru diajak melek teknologi dan mendapatkan informasi baru. Mereka diberikan materi baru dalam bentuk seminar online yang dapat dilihat kapan saja dan dimana saja. Salah satu materi yang saya sukai adalah menulis itu menyenangkan. materi ini disampaikan oleh Pak Catur Nurochman Oktavian Ketua Litbang Masyarakat PB PGRI.


Sudah lebih dari 13.000 guru mendaftarkan diri secara online dan kelompok. Mereka bersemangat untuk belajar secara online, baik lewat youtube chanel PB PGRI maupun lewat elearning Daring Guru Milenial yang username dan passwordnya dibagikan oleh panitia. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan rumah perubahan Prof Rhenald Kasali yang dijalankan oleh Mahir Academy. Wow salah satu materi yang sangat berkesan buat saya adalah guru diajak kreatif dalam pembelajaran jarak jauh dari rumah. Ini materi yang disampaikan oleh guru guru hebat milenial. 


Kegiatan ini terus terang menjadi ajang sharing atau berbagi para guru milenial di Indonesia. Pandemi covid 19 ini mendorong guru Indonesia menjadi guru keren dan selalu kreatif dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Guru bisa membuat kelas syncronus dan asyncronus. Kelas yang online secara langsung dan kelas yang online secara tidak langsung. Guru dapat membuat pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran jarak jauh  yang sistematis, kritis, logis, analitis dan melibatkan secara maksimal peserta didik agar dapat mandiri. Siswa dapat belajar sambil bermain.

Memang harus diakui. Guru dihadapkan pada pembelajaran yang tidak biasa, dan luar biasa. Guru harus membuat pembelajaran yang menarik di kelas onlinenya. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka di kelas, kini melalui tatap maya. Guru dan siswa sama-sama belajar dari rumah masing-masing. Kesempatan ini bisa digunakan guru untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Materi yang bagus ini disampaikan oleh Prof Supardi, guru Besar Indrapasta dan juga salah satu ketua PB PGRI.


Masih banyak lagi materi seminar online yang sangat menarik hati. Semua materi memang dikemas sangat menarik. Anda bisa betah berlama-lama di depan komputer sampai waktu berbuka puasa. Semoga anda bisa mendapatkannya di channel Youtube PB PGRI. 

Materi lain yang sangat saya sukai adalah bagaimana guru Indonesia mampu menulis artikel di media masa, baik cetak maupun elektronik. Anda bisa menontonnya di chanel youtube PB PGRI kapan saja anda suka, dan saya kirimkan link tayangannya di bawah ini saja, terima kasih ya, nanti saya sambung lagi tulisannya.

Salam Blogger Persahabatan

omjay

Guru Blogger Indonesia

Blog

VIDEO PILIHAN