Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Inilah Sejarah Olimpiade TIK Nasional (OTN) di Indonesia

25 Oktober 2019   08:14 Diperbarui: 25 Oktober 2019   08:32 193 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Sejarah Olimpiade TIK Nasional (OTN) di Indonesia
otn 2019

SEJARAH OLIMPIADE TIK NASIONAL (OTN)

Banyak orang belum tahu sejarah diadakannya Olimpiade TIK Nasional yang disingkat OTN. Kegiatan ini alhamdulillah sudah memasuki tahun keempat. Tak terasa sudah mau keempat kali kegiatan OTN akan kami selenggarakan.

Kegiatan OTN diadakan dalam rangka keprihatinan kami tentang dihilangkannya mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam kurikulum 2013. Kita sebagai bangsa mengalami kemunduran dalam bidang penguasaan TIK. 

Hal itu dapat dengan mudah kita lihat. Banyak peserta didik yang tidak menguasai TIK dengan baik di sekolah. Kalaupun ada, hanya di sekolah sekolah mampu dan kota besar.

Akhirnya, kami memutuskan untuk mengadakan kegiatan Olimpiade TIK Nasional. Tujuannya jelas, agar TIK dikuasai kembali anak negeri dengan konten yang berbeda. Kita harus tinggalkan materi TIK masa lalu, dan mulai mengembangkan materi TIK Masa depan.


Dari hasil rapat panitia OTN, kami sepakati untuk kegiatannya dilaksanakan di kantor kementrian pendidikan dan kebudayaan, Jl. Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Pusat. 

Pak Sutan siap menjadi ketua panitia OTN yang pertama tahun 2016. Beliau bukan guru TIK, tapi kegigihannya dalam mendukung perjuangan guru TIK, jangan ditanya. Walaupun beliau guru olahraga, namun beliau melihat TIK ini sangat penting dikuasai oleh siswa Indonesia.

OTN pertama tahun 2016 berjalan sukses. Jujur harus diakui, masih banyak kekurangannya. Hal tersebut kami perbaiki di kegiatan OTN yang kedua tahun 2017. Pak Yoyon, guru bahasa Inggris siap menjadi Ketua Panitia. Beliau datang jauh dari Cirebon, dan mau berkeringat demi suksesnya OTN di kantor kemendikbud. Terharu saya kalau melihat videonya di http://youtube.com.

OTN ketiga lebih seru lagi. Permintaan kawan-kawan di Indonesia bagian timur harus kami ikuti. OTN ketiga kami adakan di Denpasar, Bali. Pak Jojo guru multimedia siap menjadi ketua panitia OTN. 

Kami pun berangkat ke pulau dewata dengan semangat 45. Pengalaman jadi relawan OTN, sudah banyak saya tuliskan, biarlah jejak digital itu anda dapatkan dengan mengetik keyword OTN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x