Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... guru blogger

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bincang Blogger Sambil Icip-Icip

20 Februari 2019   17:13 Diperbarui: 21 Februari 2019   05:19 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bincang Blogger Sambil Icip-Icip
kumpul blogger sambil icip icip di almond

Bincang santai bersama blogger sambil icip icip. Saya merasakan kumpul blogger kemarin sangat berkesan sekali. Ayo ngaku?Pasti kalau anda hadir akan mengakuinya. Bagi saya inilah acara bincang blogger paling berkesan.  Sebab saya jadi tahu tentang pelestarian hutan.

Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada yayasan doktor sjahrir dan climate reality project indonesia yang sudah menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik sekali.

Forest talk with bloggers adalah acara pertama kumpul blogger yang saya hadiri di tahun 2019.

Almond zucchini menjadi tempat bersejarah bertemunya para blogger ternama di tanah air. Tak terasa dari pagi hingga siang hari kita diskusi.  Setelah itu icip icip makanan yang lezat sekali.

Dapat ilmu dan dapat makan.  Mereka yang nanya dapat hadiah kejutan.  Mereka yang rajin ngetweet ... dapat hadiah gopek alias lima ratus ribu rupiah.  Juga yang pintar main instagram dapat hadiah yang sama.

Semua yang hadir senang.  Di sini senang di sana senang.  Apalagi yang menang. Sayapun kenyang setelah acara icip icip atau makan siang.

Acara yang dikemas apik ini emang luar biasa.  Semua peserta dimasukkan ke group wa.  Jadi kita tahu semua info acara dengan cepat.  

Hal yang mungkin unik dari acara ini adalah pameran hasil karya produk hutan. Ada Mini Exhibition yang memamerkan hasil karya para perajin tenun.

Ada produk hutan non kayu dan produkkreatif yg berasal dri limbah kayu. Semua itu hasil dari program csr yg diketuai oleh mbak Myra Widiono. Beliau dkk mendirikan rumah rakuji dan warlani ayng hsil produknya dipamerkan dalam mini axhibition di acara forest talk with blogger.

Sambil menemani anak anak menulis dan ngeblog di kompasiana,  saya tuliskan cerita ini.

Memang susah membuat berita dari hasil kopdar blogger kemarin.  Saya cerita aja ya. Kayaknya lebih mengalir dan mengingat kembali pertemuan talkshow interaktif hari sabtu tgl 9 februari lalu.

Semua pembicara wanita cantik dan pintar. Dipandu oleh sahabat saya mas Amril Taufik Gobel.  Beliau blogger ternama dari Cikarang dan merupakan penasehat komunitas blogger bekasi.

Dr. Amanda Katili Niode yang juga blogger memberikan presentasi.  Beliau juga manajer climate realty indonesia.  Materinya sudah saya tuliskan beberapa waktu lalu di kompasiana.com/wijayalabs.

Sebenarnya saya ingin menulis reportasenya di blog omjay sendiri. Tapi blognya masih sepi. Blog wijayalabs.com masih miskin pengunjungnya dan fakir komentar.

Dr.  Atiek widayati dari tropenbos indonesia juga memberikan presentasi. Slide yang ditampilan sangat menarik. Kita jadi tahu cara menanam pohon kembali.  Materi lengkapnya sudah omjay tulis di tulisan terdahulu.

Ir.  Murni Titi Resdiana, MBA yang menjabat sebagai asisten utusan khusus presiden bidang pengendalian perubahan iklim lebih banyak bicara tentang kewirausahaan dari produk hutan.

Dr.  Sri Mariyati yang menjabat sebagai direktur eksekutif yayasan belantara juga memperkenalkan profil yayasannya. Namanya yayasan belantara. Saya banyak menulis presentasinya di tulisan terdahulu.

Kami komunitas blogger yang hadir di acara ini dibuat kagum.  Ada kawan kawan dari komunitas emak-emak blogger.  Ada juga dari komunitas anging mamiri makassar chapter jabodetabek yg ikut acara forest talk with blogger.

Dari acara ini saya dapat dua kartu nama. Semuanya atas nama Myra Widiono. Anda bisa buka websitenya di warlami.com dan rumahrakuji.com.

Mbak Myra juga sudah kirim email ke omjay. Isinya tentang apa yang sudah dan akan dilakukannya di rumah rakuji. Nanti akan omjay buatkan dalam posting tersendiri.

Kami sebagai blogger mengucapkan terima kasih kepada yayasan doktor sjahrir atau YDS.

Perlu banyak organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan  dan kesehatan. Terutama tentang perubahan iklim global dan menjaga kelestarian hutan.

Salut juga kepada the climate reality project indonesia yang ikut aktif dalam mensosialisasikan perubahan iklim dan mendorong masyarakat untuk menjadi bagian dari solusi.  Mantan wapres amerika serikat Al Gore telah memiliki lebih dari 300 relawan yang berasal dari berbagai latar belakang keilmuan dan profesi.

Sebagai penasehat komunitas blogger bekasi, omjay sangat berkesan dengan acara forest talk with bloggers.  Semoga bisa diadakan kembali lain waktu.

Kawan kawan blogger diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam kampanye pentingnya pengelolaan hutan lestari di Indonesia.

Oh iya ada yang lupa. Combro dan getuknya enak sekali. Makanan yang dibuat dari singkong ini lezat banget. Entah sudah berapa buah yang omjay lahab ke perut endut ini hahaha. Kopi susu dan teh hangat disediakan oleh panitia di meja belakang.

sumber: http://www.omarniode.org/blogreads-376.php
sumber: http://www.omarniode.org/blogreads-376.php
Jadi para blogger yang hadir harus berterima kasih sama panitia. Kita perlu juga memperhatikan kebijakan pengelolaan hutan lestari di indonesia. Oleh karena itu acara-acara seperti ini perlu diadakan di setiap daerah. Emisi gas rumah kaca juga harus dikurangi dengan terus menerus dikampanyekan.  Blogger bisa berperan melalui tulisannya.

sumber: http://www.omarniode.org/blogreads-376.php
sumber: http://www.omarniode.org/blogreads-376.php
Pengenalan makanan dan produk ekonomi kreatif berbasis hutan juga harus terus dikampanyekan. Acara icip icip usai acara menambah seru suasana kopdar blogger untuk pelestaraian hutan.

Komunitas blogger diharapkan dapat mengangkat pentingnya meningkatkan ekonomi desa. Program perhutanan sosial seperti menanam pohon pohonan yang dapat menjadi bahan baku produk unggulan desa akan menggulirkan ekonomi kreatif di desa tersebut.  Itulah yang diharapkan manajer climate reality indonesia mbak Amanda Katili Niode.

Semoga acara forest talk bloggers dapat membuat para blogger untuk ikut berkontribusi melestarikan hutan melalui tulisan-tulisannya yang tersebar di dunia maya.

Salam blogger persahabatan
Omjay
Blog http://wijayalabs.com

KUmpul Blogger di Almond zucchini - dokpri
KUmpul Blogger di Almond zucchini - dokpri


warlami
warlami
prlatihan warlami
prlatihan warlami

KONTEN MENARIK LAINNYA
x