Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah karyawan swasta

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kapan Sebaiknya Anda Menulis?

28 Januari 2019   08:16 Diperbarui: 28 Januari 2019   08:31 26 1 0
Kapan Sebaiknya Anda Menulis?
omjay guru smp labschool jakarta/Sumber : dokpri


Kapan sebaiknya anda menulis?

Dulu sewaktu belum ada internet dan smartphone saya menulis sebelum tidur. Kalau libur saya menulis setelah bangun tidur.

Dimana saya menulisnya?

Saya menulis di laptop atau komputer pc. Pakai pengolah kata dan langsung disimpan. Tidak bisa langsung upload atau posting di blog. Bisa dikirim setelah sampai di sekolah dan dikirim pakai modem yang disambung pakai telpon sekolah.

Masih ingat nomor 0898888? Nomor inilah yang biasa digunakan untuk menyambung ke internet lewat jaringan telkom.

Sekarang? Jauh beda. Kita bisa menulis dimana saja dan kapan saja. Bahkan kita bisa menulis sambil buang air besar di toilet.

Itulah perkembangan teknologi informasi. Kita dapat berkomunikasi dengan cepat walaupun jarak sangat berjauhan.

Namun terkadang. Asyiknya menulis membuat kita jauh dari yang dekat. Hehehe.

Menulis sebaiknya dilakukan saat anda sedang menggunakan waktu "fly".

Apa itu waktu "fly"?

Waktu yang benar-benar kita fokus menulis. Santai dan selow dalam merangkai kata yang bermakna.

Menulis pada hakikat eh hakekatnya menyampaikan pesan kepada pembaca. Kalau ada tanggapan itu artinya tulisan kita dibaca pembaca.

Kalau dulu mana bisa. Kita menulis tidak bisa langsung dikomentari pembaca. Sekarang? Anda dengan sangat mudah memberikan komentar.

Seperti saya saat ini. Menulis di wa group asosiasi guru menulis sambil menunggu anak saya datang ke mobil.

Lama banget nunggunya. Sambil mendengarkan radio elshinta saya menulis.

Berbagai berita saya dapatkan infonya. Bencana banjir di sulawesi selatan kembali terjadi. Belum habis air mata ini ketika donggala dan palu terkena gempa dan tsunami.

Pemilu juga sebentar lagi. Masing amsing paslon sudah mulai berkampanye. Ada yang lewat tulisan dan ada yang lewat lisan.

Berita hoax mulai bermunculan. Dari yang berbentuk tulisan sampai yang berbentuk foto dan video. Kalau tidak hati-hati kita bisa terpapar hoax.

Jadi kapan sebaiknya kita menulis? Kapan saja dan dimaan saja ketika anda mendapatkan "fly" untuk menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2