Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kiat Sukses Menjadi Finalis Inobel

17 September 2017   15:07 Diperbarui: 9 November 2017   15:08 3767 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Sukses Menjadi Finalis Inobel
omjay-inobel-59be7bcdab12ae7ec20a07f2.jpg

Alhamdulillah tahun ini omjay mendapatkan juara ketiga dari lomba inovasi pembelajaran tingkat nasional tahun 2017 di hotel mercure harvaslend kuta bali.  Sebenarnya agak pesimis menang dalam lomba inobel ini, karena para finalisnya sangat luar biasa. Mereka sangat bagus dalam mengembangkan pembelajarannya di kelas. Wajar saja bila mereka terpilih menjadi finalis inobel tingkat nasional. Karya inovasinya memang membuat kita berdecak kagum. Mereka datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia.

Sebenarnya eh kok sebenarnya lagi hehehehe. Tak ada kiat usus,eh khusus menjadi finalis lomba inobel kemdikbud. Lakukan saja inovasi pembelajaran di kelas. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kalau inovasi yang dilakukan bermanfaat untuk siswa dan belum ada guru yang melakukannya pasti akan masuk final tingkat nasional. Para dewan juri pasti akan meloloskan tulisan anda. Seringlah berkunjung ke website https://kesharlindungdikdas.id/. Di sana anda bisa membaca info lengkapnya.

Contohnya omjay sendiri. Belum banyak guru yang mengajarkan siswanya menulis buku fiksi dan non fiksi. Khususnya guru di jenjang smp. Apalagi membuat bukunya dalam bentuk cetak dan digital. Padahal gerakan literasi sekolah (GLS) sangat dipublikasikan di kemdikbud. Perlu inovasi baru agar gerakan literasi sekolah dapat dikembangkan oleh para guru di sekolah.

Selain itu, pelajari pedoman inobel dengan cermat. Ikuti aturan yang diminta panitia, lalu kirimkan makalah anda ke panitia inobel. Bila anda terpilih menjadi finalis, maka siapkan slide presentasi anda dengan baik. Sebab nilai presentasi cukup tinggi dalam penilaian di final inobel. Jadi karya tulis anda yang bagus itu, harus anda sampaikan dengan baik di depan dewan juri.

Hal yang tidak kalah penting adalah pameran karya inobel. Di dalam pameran itu anda akan ditanya karya inovasi anda. Bila anda mampu menjelaskan dengan baik di depan juri, maka bersiaplah untuk menjadi salah satu pemenang inobel. Anda pasti bangga maju ke depan panggung dan bersyukur kepada Allah. Kegembiraan sebagai pemenang tentu akan menghinggapi perasaan anda.

saat omjay menerima hadiah inobel
saat omjay menerima hadiah inobel
Oh ya omjay sangat senang berbagi pengetahuan dan pengalaman. Bila ada kawan guru lain yang mau membaca makalahnya omjay, dapat kirimkan email ke wijayalabs@gmail.com atau kirim wa ke 08159155515.

Indahnya berbagi ilmu dan pengalaman. Dengan senang hati omjay akan mengirimkannya kepada anda. Kita bisa diskusi melalui email dan WA atau line/telegram.

Oh iya, eh kok oh ya lagi, hihihi, omjay tautkan video saat presentasi omjay dan pameran karya inbel dapat anda tonton di sini dan di sana. Adapun detik detik pengumumannya dapat dilihat di bawah ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x