Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Liputan Qurban di Labschool Jakarta

24 September 2015   16:49 Diperbarui: 24 September 2015   17:18 187 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kamis, 24 September 2015 saya berangkat dari rumah pukul 06.00 WIB. Pagi-pagi sudah berangkat ke sekolah karena akan menunaikan sholat Idul Adha di halaman sekolah. Tepatnya di labschool Jakarta, Jl. Pemuda Komplek UNJ Rawamangun Jakarta timur. Alhamdulillah jam 06.15 pagi sudah berada di sekolah. Tol Cikampek sampai tol dalam kota sangat lengang. Kendaraan melaju sangat kencang dari tol Jatibening menuju Rawamangun. Ini rekor tercepat saya sampai ke sekolah. Biasanya paling cepat 30 menit. Alhamdulillah, aman dan lancar sepanjang perjalanan.

[caption caption="Spanduk sholat Idul Adha di halaman Labschool Jakarta"][/caption]

Sesampai di parkiran sekolah, satpam labschool membantu memarkirkan mobil di tempat yang tidak biasanya. Maklumlah halaman parkir mobil dipakai untuk sholat idul adha berjamaah. Saya melihat sudah mulai banyak jamaah yang berdatangan. Mereka berkumpul di halaman sekolah Labschool untuk menjalankan sholat Idul Adha dan mendengarkan khotib sholat idul adha berceramah. Lebaran qurban kali ini lebih ramai dari tahun lalu. Saya merasakan banyak sekali jamaah yang hadir.

[caption caption="Pak Rasman, Guru Bahasa Indonesia SMA Labschool Jakarta membuka acara sholat idul adha di sekolah labschool jakarta"]

[/caption]

Pak Rasman membuka acara pelaksanaan sholat idul adha di halaman sekolah. Kemuadian beliau mempersilahkan pak Agus Munandar, Guru PKn SMA Labschool Jakarta untuk melaporkan perolehan hewan qurban tahun ini. Beliau melaporkan bahwa ada 13 ekor sapi dan 47 ekor kambing disembelih hari ini di Labschool Jakarta. Alhamdulillah.

[caption caption="Pak Agus Munandar, Ketua Panitia Idul Adha Masjid Baitul Ilmi labschool Jakarta"]

[/caption]

Alhamdulillah wa syukurillah, ternyata jumlah orang yang berqurban di sekolah kami semakin bertambah tahun ini. Senang sekali mendengarnya, setidaknya daging qurban yang akan dibagikan ke masyarakat sekitar cukup banyak, dan kita berharap orang yang datang kebagian semuanya. Kita berharap daging qurban sampai kepada yang berhak menerimanya. Itulah syariat dan hakekat yang diajarkan agama Islam. Indahnya berbagi kepada sesama manusia.

[caption caption="Pak ustadz Aminudin Lc, menjadi Imam dan Khotib sholat idul adha di labschool Jakarta"]

[/caption]

Imam dan khotib yang bertugas adalah bapak ustadz Aminudin Muhammad, LC, beliau berasal dari Yayasan Al Manar Jakarta Timur. Tepat pukul 06.45 WIB pelaksanaan sholat idul adha dimulai. Kami semua berbaris rapih merapatkan shaft. Pak Ustadz mempin sholat dengan penuh kekhusyukan, dan jamaah mengikutinya dengan penuh kesyahduan. Bacaan sholatnya bagus dan kami para jamaah mengikutinya dengan tertib. Sekitar jam 7.30 acara sholat dan ceramah idul adha selesai.

[caption caption="Jamaah mendengarkan Khotib Berkhutbah Idula Adha di halaman labschool Jakarta"]

[/caption]

Usai sholat, pak ustadz langsung naik ke mimbar dan menyampaikan ceramahnya. Inti ceramah adalah kita harus mengikuti keteladanan nabi Ibrahim AS, yang telah berkurban untuk semuanya. Bukan hanya untuk keluarganya, tetapi juga orang lain di sekitarnya. Kesalehan sosial beliau tunjukkan dengan mendoakan orang lain, dan bahkan kita sampai saat ini sudah beliau doakan. Subhanallah, bagus sekali isi ceramahnya. Semoga kita semua dapat mencontoh kesalehan nabi Ibrahim AS, dan sudah dituliskan dalam kitab suci Al Quran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan