Mohon tunggu...
rion wahyono
rion wahyono Mohon Tunggu... Lainnya - Assalamualaikum

Seorang pemuda biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Bagaimana Cara Menjaga Badan Tetap Sehat?

15 Juni 2021   09:27 Diperbarui: 15 Juni 2021   10:03 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Cara Menjaga Badan Tetap Sehat?
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Badan yang sehat dan bugar tentunya menjadi hal yang penting untuk dijaga setiap orang, akan tetapi banyak orang yang sibuk dan tidak punya waktu yang panjang untuk berolah raga. Namun dapat dilakukan sedikit kegiatan untuk menjaga badan tetap sehat yaitu :

1 .Pemeriksaan secara medikal
Seseorang harus mendapatkan pemeriksaan fisik tahunan untuk memastikan semuanya sebagaimana mestinya. Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan rutin karena baik untuk tubuh Anda sendiri. Lakukan pemeriksaan payudara atau testis sendiri dan periksa tahi lalat yang mencurigakan. Mendapatkan ujian secara teratur menguntungkan Anda karena jika dan ketika ada sesuatu yang tidak normal, Anda akan mengetahuinya tepat waktu dan dapat berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup diperlukan untuk tetap bugar dan sehat, banyak dari kita tidak mendapatkan cukup. Kurang tidur sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kita. Ini juga mempengaruhi metabolisme, suasana hati, konsentrasi, memori, keterampilan motorik, hormon stres dan bahkan sistem kekebalan dan kesehatan jantung.
Tidur memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan, memperbaiki dan meremajakan.

3. Latihan
Olahraga penting untuk menjadi bugar dan sehat. Seseorang harus berjalan selama beberapa menit setiap hari agar tetap bugar.Ini juga meningkatkan sirkulasi dan kesadaran tubuh dan dapat membantu memerangi depresi.Latihan kardiovaskular membantu memperkuat jantung dan paru-paru, latihan kekuatan membantu memperkuat otot dan peregangan membantu mengurangi risiko cedera dengan meningkatkan fleksibilitas.

4 . Makan makanan sehat
Makan banyak buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian agar tetap sehat dan bugar. Sertakan juga sumber protein tanpa lemak seperti unggas, ikan, tahu, dan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Seseorang harus makan makanan yang seimbang dan tidak makan berlebihan. Makanan cepat saji seperti burger, pizza, dan makanan yang diproses tinggi dan mengandung pemanis buatan harus benar-benar dihindari.

5. Jangan melewatkan sarapan
Seseorang harus sarapan sehat karena membuat Anda tetap energik dan didorong untuk kinerja mental dan fisik yang optimal. Makan sarapan membantu menjaga kadar gula darah yang stabil dan berat badan yang sehat karena Anda cenderung tidak makan berlebihan di kemudian hari.

6. Minum banyak air
Minum banyak air karena membantu menjaga tubuh kita terhidrasi dan menjaga kesehatan tubuh. Ini adalah pembersih alami untuk organ dan sistem pencernaan kita. Air juga membantu membuang racun keluar melalui kulit dan urin.

7.Jangan stres(kalau bisa)
Stres tidak baik karena membahayakan tubuh dan dapat menyebabkan segudang masalah, mulai dari gangguan jantung hingga masalah pencernaan. Latihan, meditasi, melakukan apa yang Anda sukai, batasan yang sesuai, spiritualitas, berada di alam dan hobi yang menyenangkan membantu mengurangi efek berbahaya dari stres pada tubuh.

Dan intinya adalah Jangan terlalu banyak bekerja dan istirahat dan kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung Anda.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN