Mohon tunggu...
Wijatnika Ika
Wijatnika Ika Mohon Tunggu... Penulis - When women happy, the world happier

Mari bertemu di www.wijatnikaika.id

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Dokter Richard Lee, Melawan Mafia Kosmetik Abal-Abal demi Perempuan Indonesia

4 Maret 2021   05:53 Diperbarui: 4 Maret 2021   06:00 712 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokter Richard Lee di kantornya. Sumber: Youtube dr. Richard Lee

"...ini ada dokter songong amat bongkar-bongkarin produk-produk orang, maksudnya that's even not your product," tanya Boy William, sembari menyetir dengan tenang.

"Menghancurkan usaha orang. Orang kalau bilang kayak gitu dengan saya, ya kalau memang itu abal-abal nggak papa deh. Dibanding dia ngancurin muka orang!" jawab dr. Richard Lee.

"Tapi sumpah dok, lo sih nyari musuh," lanjut Boy, lalu mereka berdua tertawa bersama.

"Yang penting kita di jalan yang bener dan kita punya EVIDENCE BASED-nya," lanjut dr. Richard Lee.

Bagian dari percakapan antara Boy William dengan dr. Richard Lee dalam satu episode Youtube #NebengBoy yang kurang dari 10 menit tersebut memberi kita sejumlah informasi kunci terkait 'bisnis kotor' industri kecantikan di tanah air. 

Pertama; bahwa dalam industri kecantikan, banyak sekali pihak yang bermain kotor dengan menjual produk-produk dengan bahan berbahaya. Nah, sebagai seorang dokter spesialis bidang kecantikan, dr. Richard Lee pasang badan untuk membangun kesadaran publik terkait masalah ini. 

Kedua; sang dokter bicara berbasis laporan banyak sekali perempuan yang menjadi korban produk-produk kecantikan dengan kandungan bahan berbahaya yang justru merusak wajah sekaligus bagian tubuh mereka. Ketiga; lelaki ini berani pasang badan berbasis bukti, bukan fitnah apalagi mengada-ada. 

Keempat; dia 'berkorban' dan mungkin siap menerima seluruh resiko atas keberaniannya demi menyelamatkan masyarakat Indonesia dari resiko rusaknya wajah dan kulit akibat produk kecantikan yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

SIAPA SIH DOKTER 'USIL' RICHARD LEE INI? 

Dokter mungil, kocak, stylish dan necis ini memang wajar banget jika menyita perhatian publik. Dengan gayanya yang blak-blakan ala wong kito, dia menyerang para pebisnis industri kecantikan layaknya berperang di lapangan terbuka. Dia menyebut dan menunjukkan produk suatu brand tertentu, kemudian mengupasnya secara jelas, tuntas dan terbuka. 

Setiap kali menonton video-videonya, aku mengangguk-angguk senang karena caranya yang seru dalam membongkar produk kecantikan abal-abal lagi berbahaya. Dia menelitinya sendiri di sebuah laboratorium bersertifikat dan melakukan desk review dengan membaca jurnal-jurnal internasional agar kata-katanya berbasis bukti (evidence based).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan