Mohon tunggu...
Dewi Wulan Angraeni
Dewi Wulan Angraeni Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

"Tidak ada akhir yang nyata. Itu hanya tempat di mana kamu menghentikan ceritanya." Frank Herbert

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Mingguan Kedua_CGP Angkatan 6

24 Oktober 2022   14:35 Diperbarui: 24 Oktober 2022   14:57 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Model Reflesi DEAL (Description, Examination, and Articulation of Learning)

DESCRIPTION 

Pada minggu kedua ini, saya menggali pengetahuan dan keterampilan pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kegiatan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan alur MERDEKA. Alur “Mulai dari Diri” dilaksanakan pada 12 September 2022. Pada kegiatan mulai dari diri, saya membuat trapesium usia, menjelaskan kejadian positif dan negatif yang dialami masa sekolah, serta meneritakan nilai guru penggerak yang sudah dimiliki. Agar memudahkan saya menyelesaikan tugas, saya berkolaborasi dengan teman CGP yaitu Ibu Iis Sakila, Ibu Iis Herlina dan Ibu Yusmiati. Tugas yang diupload pada LMS pada waktu itu adalah power point (PPT).

Alur Eksplorasi konsep dilaksanakan pada tanggal 12-14 September 2022. Pada tanggal 12 September 2022Saya mengeksplor pengetahuan tentang nilai dan peran guru penggerak melalui LMS pada kegiatan Eksplorasi Konsep-Mandiri. Pada tanggal 13 dan 14 September 2022, saya melaksanakan Eksplorasi Konsep-Forum Diskusi pada LMS, yaitu bmenjawab pertanyaan pada LMS dan memberikan tanggapan/umpan balik pada peserta CGP lainnya.

Alur Ruang Kolaborasi dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2022. Pada tanggal 15 September 2022, kami bertatap maya di ruang kelas B. Kami mengeksplor modul 1.2 dibersamai oleh fasilitator (Bapak Yul_Pendri) dan  Pengajar Praktik (Umy Yati Saadah dan Ibu Yani Meilani). Pada saat itu, fasilitator membagi kami menjadi 3 kelompok. Saya menjadi anggota kelompok 3 bersama Ibu Iis Sakila dan Ibu Rina Sugiartinengsih. Kami berdiskusi di BOR dibersamai oleh Umy Yati Saadah untuk merancang kegiatan yang dapat mencerminkan nilai dan peran guru penggerak. Awalnya kami berdebat cukup lama, namun Umy memberikan pencerhan kepada kami dan kami dapat menyepakati satu rancangan kegiatan.

Pada tanggal 16 September 2022, kami bertatap maya kembali di Ruang Kolaborasi untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di BOR. Kelompok 1 dan kelompok 2 mempresentasikan rancangan kegiatan dengan baik. Alhamdulilah, keompok kami pun dapat mempresentasikan dengan baik, namun ada beberapa umpan balik yang diberikan oleh bapak fasilitator karena rancangan kegiatan belum memperkuat peran sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid. Kami pun merasa senang dengan masukan tersebut dan segera memperbaiki rancangan kegiatan kami agar dapat dikumpulkan sebagai tugas yang harus diupload di LMS. Saya juga mengirimkan surat sebagai refleksi kepada teman sekelompok. Saya mengirim surat kepada ibu Rina karena bu Rina sudah memiliki nilai inovatif dan dapat menggerakkan komunits praktisi, dan nilai tersebut belum saya miliki.

Alur berikutnya adalah Demonstrasi Konstektual yang dilaksanakan pada 19-20 September 2022. Pada alur ini, saya membuat gambaran diri sebagai guru penggerak pada 3 tahun mendatang. Saya mendeskripsikan melalui video yang berisi aktivitas yang dilakukan pada 3 tahun mendatang yang mencerminkan nilai dan peran seorang guru penggerak.

Pada tanggal 21 September 2022, saya melaksanakan alur Elaborasi pemahaman dengan membuat satu pertanyaan untuk instruktur, dan dituliskan pada LMS. Tanggal 22 September 2022, saya melaksanakan alur Elaborasi Pemahaman melalui room bersama instruktur yang hebat yaitu Ibu Ade Mutiarawati. Pada saat itu saya merasa tercerahkan, ketika melihat tayangan kaki gajah yang dirantai. Seperti itulah gabaran siswa di kelas, jika sejak kecil tidak diberkan kebebasan dalam mengembangkan potensinya, maka siswa akan merasa terkekang sampai besar nanti.

Alur Koneksi antar materi dilaksanakan pada tanggal 22 September 2022. Setelah mempelajari modul 1.1 hingga modul 1.2 dan mendapatkan pencerahan dari intruktur  hebat, saya menuliskan pembelajaran yang diperoleh bagi saya dengan model refleksi 4P, dengan memaparkan peristiwa, momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2, perasaan saat momen itu terjadi, pembelajaran sebelum dan sesudah momen tersebut, serta penerapan ke depan (rencana) yang akan dilakukan.

Aksi nyata penerapan modul 1.2 saya laksanakan selama 3 hari, yaitu tanggal 17, 20, dan 22 September 2022. Pada aksi nyata ini, saya mengimplementasikan pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang.  

Rencana pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin serta apat dilakukan sendiri dari sekarang adalah Secara MANDIRI,  saya berinisiatif merencanakan kegiatan yang BERPUSAT PADA MURID dengan mendesain ruang kelas sesuai dengan impian anak dan berINOVASI melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi.  Kegiatan ini saya lakukan berdasarkan hasil REFLEKSI saya, ketika melihat suasana ruangan kelas yang kurang menyenangkan dan melihat potensi menggambar siswa. Sedangkan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dilakukan berdasarkan hasil REFLEKSI, ketika anak di kelas 6 sering membuat konten di tiktok. Sebelum melaksanakan kegiatan, saya BERKOLABORASI dengan kepala sekolah untuk meminta izin dan dukungan, dengan rekan sejawat untuk meminta bantuan dan masukan, serta dengan orang tua untuk memfasilitasi perangkat Handphone.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun