Mohon tunggu...
wiendathoughts
wiendathoughts Mohon Tunggu... Freelancer - Faith Over Fear 🍀🍀

Time is Running

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Hindari Kebiasaan Ini agar Komunikasi Berjalan Lancar

10 Oktober 2021   08:15 Diperbarui: 10 Oktober 2021   13:33 100 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Setiap hari manusia selalu berinteraksi dan melakukan komunikasi dengan sesama. Selain untuk mempererat dan meningkatkan hubungan baik, komunikasi juga dilakukan sebagai salah satu cara mendapatkan informasi.

Namun tanpa di sadari, banyak sekali kesalahan dalam komunikasi yang bisa menghambat proses pertukaran informasi tersebut.

Yang pertama

1. Mendominasi Pembicaraan

Terlalu banyak bicara, akan membuat orang lain menjadi tidak nyaman. Usahakan bicara secukupnya dan beri kesempatan lawan bicara untuk menyampaikan pendapatnya. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai.

2. Perbedaan bahasa dan budaya

Ketika berbicara, gunakan bahasa yang dimengerti banyak orang. Hindari pemakaian bahasa daerah asal, apalagi jika berbicara untuk khalayak luas. Lebih baik memakai bahasa universal agar tidak menimbulkan miss komunikasi. Dalam hal ini, kalian bisa melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.

3. Kendala Teknis

Terkait kendala teknis seperti jaringan, biasanya dialami oleh orang yang melakukan komunikasi tidak langsung menggunakan telepon, aplikasi dan sebagainya. 

Bisa jadi juga seperti kehabisan baterai atau tidak memiliki internet. Masalah teknis seperti itu memang sulit di prediksi, namun setidaknya, coba persiapkan secara matang sebelum mulai melakukan komunikasi.

4. Bicara atau tujuan tidak jelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan