Mohon tunggu...
Managing The Nation
Managing The Nation Mohon Tunggu... Konsultan - Managing The Nation
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Managing The Nation ini adalah sebuah halaman blog di kompasiana yang memuat pemikiran sederhana seorang warga negara indonesia. Seorang anak desa yang lahir tanggal 4 Mei 1978 di kawasan pesisir selatan Kota Yogyakarta. Pendidikan S1 Program Studi Manajemen dan S2 Program Studi Magister Manajemen. Terjun ke dunia kewirausahaan mulai tahun 1999 melalui beberapa usaha yang dirintis saat itu. Memiliki pengalaman di bidang fintech dan investasi.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Corporate Finance Consultant Indonesia

11 April 2020   14:59 Diperbarui: 11 April 2020   15:01 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Corporate Finance adalah salahsatu kunci dalam pengembangan perusahaan. Pekerjaan ini mencakup bekerja di dalam sebuah perusahaan dan mencari serta mengatur modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha. Ini perlu dilakukan dengan memaksimalkan nilai-nilai perusahaan, dan pada saat yang bersamaan, meminimalisir resiko finansial.

 Pekerjaan yang dapat kamu implementasikan di jabatan ini mencakup juga: mengatur dan mendirikan strategi finansial perusahaan secara keseluruhan; memprediksi keuntungan dan kerugian; menegosiasikan kredit-kredit yang ada; mempersiapkan financial statement dan berkoordinasi dengan para auditor dari luar perusahaan. Beberapa pekerjaan korporat yang lebih canggih mungkin akan juga melibatkan merger dan akuisisi, seperti misalnya mengkalkulasikan nilai-nilai dari target akuisisi atau menentukan nilai dari sebuah divisi untuk spin-off yang ada.

 Jabatan corporate finance ini banyak ada di perusahaan-perusahaan, baik yang besar maupun yang kecil, dari perusahaan multi-nasional sampai dengan start-up. Jabatan lainnya mencakup financial analyst, bendahara, dan auditor internal.

Pekerjaan ini sudah saya jalani hampir 12 tahun. Semua berjalan lancar, sampai hari itu, akhir November 2017 terjadi demo besar besaran di perusahaan. Hari ini dua belas tahun yang lalu. Pekerjaan di kantor sedang longgar, bisa browsing santai ini. Biasa, Blomberg TV menemani. Bisnis.com, kompas.com dan tidak lupa Linkedin, sosial media yang wajib bagi saya. Untuk membangun komunitas profesional kata temen saya, dan ternyata benar, saat ini sudah 22 ribu temen saya dari seluruh dunia. Profesional semua, kecuali saya.

Dari beberapa inbox di Linkedin, ada satu yang sangat menarik bagi saya saat itu. Dari seorang temen lama di Linkedin. "Hallo Pak, saya Barnxy Yiu, apakah Bapak membutuhkan modal untuk usaha Bapak? 

Saat ini kami di China sedang mengembangkan program OBOR, mungkin bisa sebagai alternatif investasi dalam mengembangkan usaha Bapak, "kata Pak Barnxy memperkenalkan diri. OBOR, hah, program sabuk ekonomi China dengan total investasi 250 milyar USD. Hampir 4000 triliun dengan nilai tukar rupiah saat ini. Dari pertemuan awal di Linkedin tersebut berlanjut dengan meeting kami di Jakarta bersama Head of Investment saya. 

Selang seminggu berlalu. Seorang teman baru dari Jepang datang ke Indonesia. Pak Yusuke Higaki, Head of Investment Japan Infrastructure Cxxp. Ngobrol panjang lebar kami di Grand Indonesia Jakarta sore itu. Termasuk saya sampaikan juga hasil pertemuan saya dengan Pak Barnxy Yiu terkait dengan program beliau. "Oh Pak, kami di JIC juga menyiapkan dana yang sama, Kami menyediakan 150 miliar USD untuk pembangunan Asia, "kata Pak Yusuke Higaki menambahkan. Hampir 2000 triliun rupiah, dan beliaupun siap untuk membantu saya dalam membangun Indonesia.

Dari pertemuan saya dengan dua kolega saya tersebut, tergambar bagaimana peluang investasi yang sangat besar di Indonesia. Apalagi mereka menyatakan untuk siap berkolaborasi dengan kami. Mulailah saya belajar corporate finance, private equity dan investment melalui Indonesia Investment Corporation.

Benar memang bukan aku yang banyak berperan, namun anak anak muda hebat di belakang saya adalah putra putri terbaik dalam bidang corporate finance, private equity dan investment. Anda ingin menggunakan jasa kami?

WT Harjono, Indonesia Investment Corp 

For business inquiry please contact drgopublic@gmail.com

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun