Mohon tunggu...
widyastuti jati
widyastuti jati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen UIN Salatiga

mengagumi keindahan alam dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mengagumi Keindahan Alam dengan Berjalan Kaki

18 Januari 2023   14:02 Diperbarui: 18 Januari 2023   14:11 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jalan kaki merupakan kegiatan  pagi hari yang sudah kami lakukan puluhan tahun yang lalu sejak suami belum purna tugas.

Selain  jalan kaki di lapangan, saya dan suami lebih menikmati jalan kaki di rute yang berbeda, baik di perkampungan, pedesaan, pegunungan, pesawahan, perkebunan sampai sepanjang rel kereta api.

Jalan kaki dengan rute berbeda,   membuat hati senang, dan tidak pernah merasa bosan. Selain itu, aktifitas fisik dengan melewati tempat yang berganti  bermanfaat untuk melatih ingatan dan menguatkanku otak.

Melihat pemandangan alam sembari menikmati embusan angin pagi dan  menyaksikan mentari yang mulai berpendar  keemasan, memantik semangat untuk tetap sehat dengan berjalan kaki, meski usia tidak muda lagi.

Sabtu pagi kami berjalan kaki dengan rute yang berbeda, yaitu di kampus  tiga UIN Salatiga.

Kami melewati pintu gerbang depan. Bunga bougenvil berwarna warni ditata apik  dalam pot besar di sepanjang jalan.  Deretan pohon cemara udang yang tingginya sekitar satu setengah meter memperindah jalan menuju kampus.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Sementara  kolam yang diletakkan di bundaran, dikelilingi tanaman hijau, menambah asri suasana kampus. Lapangan  rumput hijau yang terawat dilingkari pepohonan rindang, memberi kesan sejuk dan teduh.

Dari kampus ini kita dimanjakan oleh gagahnya gunung  Merbabu, dan Telomoyo. Satu jam mengelilingi kampus tidak terasa karena terpesona dengan  suasana yang begitu asri.

Dok Pribadi
Dok Pribadi
Selain tiga gedung, kita juga bisa berjalan menuju auditorium melewati jembatan unik, dan bisa melihat embung besar dengan beberapa gazebo. Masjid yang cantik berwarna hijau pun tak kalah menarik.Saat pendinginan, saya memilih tempat yang sepi, indah, dan bersih dikelilingi tanaman hias yang teratur dan subur.  
Saya dan suami merasa puas dengan pengalaman baru berjalan kaki mengelilingi kampus UIN yang memiliki pemandangan  menakjubkan. Badan terasa segar dan bugar.  Suasana hati makin baik,  pikiran jernih, hati pun bahagia .

Last but not least  di usia lansia ini saya dan suami sering berjalan kaki bersama, yang kami rasakan olahraga raga berdua tidak hanya menguatkan tubuh tetapi juga menguatkan hubungan yang membentuk ikatan emosional

Hal ini karena saat berjalan kaki kami saling berkomunikasi, bahkan kami saling menyelaraskan gerakan. Misalnya saat suami kondisi capai, jalannya perlahan- lahan, saya menyesuaikan, demikian sebaliknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun