Mohon tunggu...
Widya
Widya Mohon Tunggu... Desainer - Pembelajar

Kala Kuutarakan Puisi ke Selatan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kursus Bahasa Inggris Paling Murah di Malang

7 Desember 2019   22:48 Diperbarui: 7 Desember 2019   22:52 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://kampunginggrismalang.com/

Kota Malang bisa dikatakan merupakan salah satu "kota pelajar" di Indonesia. Di sini ada puluhan ribu mahasiswa yang belajar di berbagai kampus.

Asal mereka pun juga dari pelosok seluruh Indonesia. Aku mungkin termasuk salah satunya. Di sini aku telah belajar selama 3 tahun.

Selain belajar sesuai jurusan 'major' yang aku ambil, kegiatan untuk menambah skill, seperti bahasa Inggris, tak pernah aku tinggalkan

Ini bukan apa-apa, sebab kemampuan bahasa Inggris tak dipungkiri adalah salah satu faktor penunjang terpenting untuk kehidupan pasca kampus, baik untuk melamar beasiswa ataupun mencari pekerjaan profesional.

Oleh karena itu, aku sempat menjajal beberapa tempat kursus bahasa Inggris di Malang. Ya, aku memutuskan untuk mengambil kursus bahasa Inggris, karena tidak begitu 'ngefek' saat belajar otodidak.

Berbagai lembaga kursus sudah aku coba di kota ini. Mulai dari yang terkenal, disebut-sebut yang terbaik, hingga yang termahal.

Tetapi dari semua percobaanku itu, menurutku hanya ada beberapa saja yang cukup direkomendasikan. Salah satunya adalah Titik Nol English Course Malang.

Untuk lembaga kursus ini, aku memiliki beberapa alasan. Tapi yang pertama adalah termasuk yang termurah. Ini faktor paling penting bagiku, maklum saja aku hanya mahasiswa biasa dengan budget yang terbatas.

Untuk mengambil kelas TOEFL di Titik Nol English Course Malang, aku hanya mengeluarkan uang sekitar Rp. 800 ribu. Padahal, kalau di lembaga lain pasti sudah di atas jutaan rupiah.

Dengan budget segitu, aku bisa belajar selama dua bulan. Kelas tersebut dibuka setiap Senin-Jumat selama 4 pekan atau 20 hari sebulannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun