Mohon tunggu...
Widowati Wulandari S
Widowati Wulandari S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga

Saya merupakan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Airlangga, saya aktif dalam berorganisasi di kampus. salah satu hobi saya adalah menulis dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency

Bitcoin, Bagaimana Segi Legalitasnya di Mata Hukum Indonesia?

10 Juni 2022   00:27 Diperbarui: 10 Juni 2022   00:42 156 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cryptocurrency. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Maraknya bitcoin di kalangan masyarakat, membuat seluruh masyarakat gempar akan bitcoin. Bitcoin merupakan uang yang disimpan di dalam komputer yang dapat digunakan untuk menggantikan uang tunai dalam transaksi jual beli online, pasar cryptocurrency tanpa jasa bank. Bitcoin merupakan salah satu dari jenis mata uang cryptocurrency, 

tetapi mata uang ini tidak sama seperti mata uang konvensional seperti dolar AS, Euro bahkan Rupiah, karena tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat manapun, sehingga tidak ada campur tangan bagi pemerintah. masing-masing aset cryptocurrency ini memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Bitcoin memiliki valuasi mencapai 671,78 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9.673,63 triliun (kurs Rp 14.400). 

Bitcoin sering digunakan dalam perdagangan Internasional yang digunakan dalam jual beli online. Semakin berkembangnya teknologi akan membuka pola pikir masyarakat menyesuaikan dengan situasi pada masa pandemi. Dengan semakin mudahnya akses internet pada masa sekarang ini menyebabkan munculnya dampak positif dan negatif, 

dampak positifnya dengan munculnya bitcoin yang dianggap masyarakat dapat menghasilkan keuntungan dengan bermain bitcoin, keuntungan yang didapatkan adalah:

1. Mendapat likuiditas yang lebih besar. Penggunaan mata uang bitcoin dapat mempertahankan nilai substansialnya saat mengkonversikan bitcoin ke dalam mata uang flat.

2. Banyak yang menerima sebagai metode pembayaran. Saat ini banyak onlineshop yang telah menerima bitcoin sebagai alat pembayaran.

3. Biaya transaksi lebih rendah. Biaya bitcoin lebih rendah dibandingkan dengan kartu kredit

4. Transaksi internasional menjadi lebih mudah. Bitcoin adalah mata uang cryptocurrency yang populer di dunia. Dengan begitu akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran.

Selain kelebihan-kelebihan yang telah diuraikan, terdapat kelemahan bitcoin:

1. Bitcoin tidak terlalu anonim. Banyak yang menggunakan nama samaran, alamat, identitas sehingga tidak terlalu aman sebagai alat pembayaran.

2. Rentan terhadap penipuan. Sudah banyak tragedi penipuan yang sudah menimpa penggunanya. Dikarenakan bentuknya digital, menjadikan tidak jarang terdapat serangan dari para hacker.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan