Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Hebat Juga, Ternyata Militer Indonesia Lebih Kuat dari Para Penjajah Ini

27 Januari 2021   10:10 Diperbarui: 27 Januari 2021   10:31 239 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hebat Juga, Ternyata Militer Indonesia Lebih Kuat dari Para Penjajah Ini
Militer Indonesia-Militer Belanda (Sumber: caping.co.id)

Saat-saat ini sedang ramai di media pemberitaan berkaitan dengan Komponen Cadangan Angkatan Bersenjata atau Komcad. Pihak Kementrian Pertahanan menyampaikan bahwa Komcad ini seperti tentara cadangan. Masyarakat dari semua kalangan boleh mendaftar dan sifatnya suka rela. 

Pada tahap pertama ini dibuka lowongan sekitar 25.000 pendaftar. Para pendaftar yang lolos seleksi nantinya akan diberi diklat dasar militer selama tiga bulan. Bagi yang lulus akan disebut sebagai Komcad, dan jika dibutuhkan akan digerakkan oleh Presiden dengan persetujuan oleh DPR.

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa kuat personel militer Indonesia saat ini sehingga memerlukan Komponen Cadangan?

Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)
Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)

Menurut situs pemeringkatan militer dunia, Globalfirepower.com, sebetulnya peringkat militer Indonesia tidak begitu jelek-jelek amat. Indonesia berada pada peringkat ke 16 dunia. Dengan nomor 16 dunia tersebut militer Indonesia adalah yang terkuat di Asia Tenggara dan Oseania. Bahkan Australia berada di bawah negara kita. Sang Negeri Kanguru berada tiga tingkat di bawah kita, yakni berada pada peringkat ke 19.

Yang juga membanggakan adalah dengan peringkat ke 16 tersebut militer Indonesia menempatkan diri sebagai kekuatan yang lebih kuat dari beberapa negara yang dulu pernah menjajah tanah air.

Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)
Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)

Menurut buku Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual karangan I Gusti Ngurah Santika seperti dilansir detik.com, 09 Desember 2020, bukan hanya Belanda dan Jepang, ternyata ada 6 negara yang dulu pernah menjajah daerah yang sekarang adalah wilayah kekuasaan Indonesia.  Negara-negara tersebut adalah Portugis pada tahun 1512 - 1595,  Spanyol tahun 1521 - 1692, Belanda tahun 1602 - 1942, Perancis tahun 1808 - 1811, dan Inggris tahun 1811 - 1816.

Dari 6 negara yang pernah menjajah Indonesia itu, tiga negara di antaranya menurut Global Firepower saat ini mempunyai kekuatan militer di bawah Indonesia. Negara-negara itu adalah Spanyol, Belanda, dan Portugis atau Portugal.

Spanyol saat ini mempunyai kekuatan militer dua tingkat di bawah Indonesia atau berada pada rangking 18 dunia. Belanda yang menjajah Indonesia lebih dari 300 tahun berada pada peringkat yang lebih jauh lagi yakni 37. Sedang Portugis atau Portugal lebih jauh lagi yakni berada pada peringkat ke 52.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN