Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

Kekuatan Militer Indonesia Ungguli Australia di Kawasan Ini, Komcad Mendesak Diperlukan?

25 Januari 2021   10:39 Diperbarui: 26 Januari 2021   11:21 523 15 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan Militer Indonesia Ungguli Australia di Kawasan Ini, Komcad Mendesak Diperlukan?
Ilustrasi (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI via Kompas.com)

Kementrian Pertahanan di bawah komando Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, bersiap untuk membentuk Komponen Cadangan Angkatan Bersenjata atau biasa disingkat dengan Komcad. Komcad terbuka untuk umum baik pegawai negeri sipil, karyawan swasta, mahasiswa, dan golongan-golongan yang lain dengan usia 18 sampai dengan 35 tahun.

Seperti halnya TNI, Komcad juga diperuntukkan bagi tiga matra yakni Darat, Laut, dan Udara. Untuk tahap pertama rencananya Kemenhan akan merekrut sekitar 25.000 orang. Dengan adanya Komcad yang berposisi seperti tentara cadangan tersebut membuat kekuatan personel militer Indonesia semakin kuat.

Komcad (Sumber: hot.grid.id)
Komcad (Sumber: hot.grid.id)

Tetapi yang juga perlu diperhatikan, sebetulnya tanpa Komcad kekuatan militer Indonesia adalah yang terkuat di Asia Tenggara dan sekitarnya. Bahkan militer negara besar seperti Australia ternyata berada di bawah Indonesia.

Menurut Rangking Kekuatan Militer Dunia 2021 atau 2021 Military Strength Rangking yang dirilis oleh Global Firepower militer Indonesia adalah yang terkuat di Asia Tenggara. Bahkan Australia berada di bawah negeri kita.

Menurut rangking Global Firepower, pada tahun 2021 ini kekuatan militer Indonesia berada pada peringkat ke 16 dunia. Negara dengan peringkat militer terdekat di kawasan Asia Tenggara adalah Vietnam yang berada pada peringkat 24. Disusul Thailand yang berada pada peringkat ke 26.

Di bawah Thailand ada Myanmar yang bercokol di peringkat ke-33. Sedang Singapura membuntutinya di peringkat ke 40. Di bawah Singapura ada Malaysia di peringkat ke 44. Selanjutnya menyusul Filiphina dan Kamboja yang masing-masing berada pada peringkat ke 48 dan 94 dunia.

Negara Asia Tenggara lainnya selanjutnya adalah Laos yang berada pada peringkat ke 118 dunia. Sementara itu Brunei Darussalam dan Timor Leste tidak tercatat dalam daftar.

Yang menarik juga negara besar yang berada dekat dengan Indonesia, Australia juga berada di bawah Indonesia. Negeri Kanguru berada pada peringkat ke 19. Sementara itu New Zaeland berada pada peringkat yang lebih jauh lagi yakni di peringkat 84.

Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)
Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Indonesia (Sumber: globalfirepower.com)

Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Australia (Sumber: globalfirepower.com)
Kekuatan Personil dan Alutsista Udara Australia (Sumber: globalfirepower.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x