Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Melejit! Indonesia Kembali Cetak Rekor Kasus Corona Tertinggi, Meninggal Sebanyak Ini

17 September 2020   01:33 Diperbarui: 17 September 2020   01:36 43 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melejit! Indonesia Kembali Cetak Rekor Kasus Corona Tertinggi, Meninggal Sebanyak Ini
10 Negara dengan Kematian karena Corona Tertinggi di Asia per 16 September 2020 (Sumber: worldometers.info)

Kasus Corona di Indonesia sepertinya belum menunjukkan tanda-tanda melandai. Yang terjadi bahkan hari ini kasus Covid-19 di tanah air mencatatkan rekor tertinggi dalam satu hari.

Menurut data Worldometers.info, diakses 16 September 2020, hari ini diumumkan kasus baru sebanyak 3.963. Jumlah itu adalah penambahan kasus harian terbanyak sejak pertama kali kasus Covid-19 ini diumumkan ke publik Maret lalu.

Dan yang perlu mendapat perhatian bukan hanya penambahan kasus baru, tetapi juga banyaknya kematian akibat terinfeksi Corona. Hari ini menurut situs yang sama terjadi penambahan kasus meninggal sebanyak 135 jiwa.

Jumlah itu adalah jumlah kematian harian tertinggi nomor dua selama ini. Kasus pelaporan kematian barun tertinggi dalam satu hari terjadi pada tanggal 22 Juli lalu, yakni sejumlah 139 jiwa. Atau dengan kata lain selisih 4 jiwa dari banyak kematian baru yang dilaporkan hari ini.

Dengan penambahan kasus baru sebanyak itu, kini jumlah total kasus Covid-19 di tanah air mencapai 228.993 kasus. Sedangkan jumlah kematian yang diakibatkan infeksi virus tersebut tercatat sebanyak 9.100 jiwa.

Dengan jumlah kasus sebanyak itu, kini Indonesia menempati urutan ke dua sebagai negara dengan total kasus terbanyak di Asia Tenggara. Peringkat pertama saat ini diduduki oleh Filipina dengan total kasus mencapai 272.934.

Tetapi meski kasusnya menduduki peringkat kedua, yang perlu diwaspadai adalah jumlah kematiannya. Dengan angka 9.100 jiwa, kematian akibat infeksi Corona di Indonesia adalah yang tertinggi di Asia Tenggara. Filipina yang berada pada urutan kedua terpaut cukup jauh, yakni sejumlah 4.732.

Yang juga harus menjadi perhatian adalah kematian akibat infeksi Corona di Indonesia termasuk jajaran atas di Asia. Dengan angka 9.100 jiwa, saat ini Indonesia berada pada urutan ke tiga di Asia sebagai negara dengan angka kematian terbanyak di Asia. 

Urutan pertama di tempati oleh India dengan total kematian akibat Corona sebanyak 82.286 jiwa. Disusul oleh Iran di tempat yang ke dua dengan angka kematian mencapai 23.632 jiwa.

Dengan kondisi kasus baru dan kematian setinggi itu semua elemen bangsa dan negara harus waspada. Agaknya kasus Corona di tanah air masih belum menunjukkan tanda-tanda melandai. 

Bahkan dalam beberapa hari ini masih terus menunjukkan penambahan yang cukup tinggi. Tercatat sejak tanggal 08 September 2020 penambahan kasus baru masih menunjukkan angka 3.000 lebih per hari.

Sebelum vaksin ditemukan, kepatuhan masyarakat dalam SOP kesehatan Corona memang sangat diperlukan. Juga physicall dan social distancing. Jika diperlukan pengetatan kembali PSBB memang perlu dilakukan, tetapi disamping itu diperlukan juga koordinasi yang baik antara pemangku jabatan di pusat dan daerah sehingga tidak memunculkan kegaduhan demi kegaduhan...I]

VIDEO PILIHAN