Mohon tunggu...
Slamet Widodo
Slamet Widodo Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro

Menulis itu Mencerdaskan. Jika Anda ingin cerdas, menulislah! Tidak percaya? Cobalah!

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Gantilah Password Akun Google Secara Berkala

1 April 2020   07:56 Diperbarui: 1 April 2020   08:02 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tangkapan layar - dok. pribadi


Melalui tulisan ini, saya akan bercerita tentang pengalaman yang kurang mengenakkan. Pada hari Senin, 29 Maret 2020 kemarin, saya mendapatkan notifikasi di Android saya. Pesan itu dari Google. Isinya mengingatkan bahwa ada seseorang orang yang ingin login ke akun google saya.

Pesan itu berbunyi "Anda yang mencoba login?". Kemudian di bawah tulisan itu tertulis alamat email saya beserta foto profil saya tentunya. Di bawahnya lagi ada keterangan perangkat Andorid 5.0. Loksinya di dekat Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia. Waktunya: Baru saja. Paling bawah ada pilihan Ya dan Tidak.

Pesan itu muncul berkali-kali. Seingat saya sampai lima kali. Di dalam hati saya mengatakan: pasti ada orang lain yang berusaha masuk menggunakan akun gmail saya. Perangkat yang digunakan Android 5.0. Lokasinya di Jakarta. Pada pukul 06:58.

Memang, setiap kali kita membuka akun google, misalnya, di komputer atau laptop, maka kita akan mendapat notifikasi di Android. Isinya mengingatkan bawah ada yang berusaha masuk akun kita. Jika memang kita sendiri yang melakukannya, maka tinggal klik Ya, pada Android.

Tak perlu menunggu lama. Saya langsung mengganti password email saya tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan besar akun saya akan berhasil dibobol dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Beruntungnya, belakangan ini, akun-akun media sosial, sebut saja google, melengkapi pengamanan yang cukup bagus. Contohnya, akun google akan meminta nomor HP aktif pengguna. 

Tujuannya untuk memberikan bantuan kepada pengguna apabila lupa password. Selain itu juga memberi informasi apabila ada hal yang mencurigakan pada akun milik kita. Makanya, usahakan tidak gonta-ganti nomor HP. Cukup satu atau dua saja. Untuk selamanya.

Nah, kasus itu sepertinya sering dialami oleh pengguna internet. Terutama akun-akun media sosial: gmail, facebook, twitter dan lain-lain. Tujuan orang tersebut adalah untuk menguasai akun media sosial seseorang. Kemudian menyalah gunakannya. Atau disebut dengan memfitnah.

Melalui artikel ini, saya berpesan kepada pembaca sekalian. Gantilah password akun-akun media sosial yang kita miliki secara berkala. Kemudian, yang paling penting adalah harus ingat: user name dan password. Jangan sampai lupa.

Bicara tentang user name dan password ini. Banyak sekali pengguna yang abai terhadap keduanya. Sehingga, apabila ganti HP ia kesulitan untuk login kembali. Karena berkali-kali gagal login, akhirnya putus asa. Langkah terakhir adalah bikin akun baru lagi.

Hal itu terbukti, banyak sekali akun facebook saya mendapatkan permintaan pertemanan dari akun-akun baru. Nama akunnya hampir sama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun